Tanjung, Taman

Taman Tanjung

Taman Tanjung

 

Alamat

 Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan

Luas

 9102 M2

Fasilitas dan Sarana

 Arena bermain anak, jogging track, lapangan parkir motor dan mobil, lapangan futsal yang juga menjadi lapangan bulutangkis, bangku taman, 3 buah pergola, 1 gazebo, pos jaga 24 jam, kamar mandi.

Jam operasional

Mulai jam 05.00 – 21.00 WIB

Pengelola

Dinas Pertamanan & Pemakaman Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta

Telephone:021-5347124/53672456

 

Berada di pinggir flyover TB.Simatupang dan Jalan Tol Pondok Pinang-TMII, tidak jauh dari kompleks TNI Angkatan Laut Poltangan - Kecamatan Pasar Minggu Kotamadya Jakarta Selatan. Taman ini dibuka untuk umum pada tahun 2010. Kebanyakan pengunjung yang datang kesini adalah warga yang ingin berolahraga atau sekedar bersantai melepas lelah.

Taman ini dilengkapi dengan area jogging track lebih dari 1 kilometer. Selain area jogging, di taman ini juga tersedia area futsal yang sering juga digunakan untuk bermain bulutangkis. Bagi mereka yang ingin datang membawa keluarga, di taman ini juga tersedia area bermain anak. Pada akhir pekan biasanya taman ini ramai oleh pengunjung.

Taman ini memiliki 3 buah pintu masuk, yaitu pintu masuk utama, pintu masuk dari arah kompleks TNI AL dan dari arah pintu gang perumahan warga. Namun pintu kompleks TNI AL dan pintu perumahan warga ditutup pada jam 19.00 WIB sehingga pengunjung hanya boleh masuk melalui pintu utama. Pintu utama ditutup untuk umum mulai 21:00 WIB. Memang taman ini dijaga 24 jam oleh 4 orang penjaga namun untuk menghindari tindakan asusila dan kriminalitas yang dapat merusak taman maka diberlakukan jam tutup tersebut.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari sekitar lokasi seperti kompleks TNI AL Poltangan Pasar Minggu tetapi juga dari luar Jakarta Selatan. Tak jarang juga lokasi taman ini dijadikan tempat syuting oleh para sinematografer. Namun mereka yang ingin mengambil gambar disini untuk kebutuhan film dan iklan diwajibkan izin terlebih dahulu kepada pihak Pemprov DKI Jakarta. Bagi pengunjung Muslim, taman ini memang tidak menyediakan musholla tetapi pengunjung dapat mengunakan musholla warga yang berada di dekat pintu masuk perumahan warga.

Pengunjung dapat menikmati taman yang dihiasi pohon buah-buahan yang banyak tumbuh di taman ini. Diantara pohon buah yang ada antara lain pohon buah kecapi, pohon mangga, pohon buah jambu bol, pohon rambutan, pohon asam jawa dan beberapa tanaman langka seperti pohon kelor. Selain itu juga ada tanaman hias yang menghiasi taman ini.

Akses Transportasi

Untuk mencapai taman ini  pengunjung dapat mengunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bagi mereka yang mengunakan kendaraan pribadi seperti mobil mapun motor dapat memarkirkan kendaraannya di tempat parkir Taman Tanjung. Yang mengunakan jalan tol dari arah Pondok Pinang keluar di pintu keluar Pasar Minggu. Posisinya ada di sebelah kiri jalan. Sedangkan yang mengunakan jalan tol dari TMII turun di pintu keluar tol Lenteng Agung kemudian naik flyover lalu memutar di depan gedung Kementerian Pertanian menuju ke arah Kampung Rambutan.

Bagi yang mengunakan kendaraan umum, dapat naik kereta api dari arah Bogor ataupun dari arah Jakarta lalu turun di stasiun Tanjung Barat dan berjalan kaki ke Taman Tanjung sekitar 10 menit. Bagi yang naik Mikrolet dari terminal Pasar Minggu bisa naik Mikrolet M17 dan turun di bawah flyover dan berjalan kaki ke Taman Tanjung.