Tangkupan Perahu, Taman

 

 

Taman Tangkupan Perahu

 

Alamat

Jalan Tangkupan Perahu no.8 Guntur Jakarta Selatan 12980

Luas

6480m2

Fasilitas

Arena bermain anak, 1 lapangan futsal, 1 lapangan bulutangkis, 2 buah area refleksi & terapi kaki, jogging track, tempat duduk besi.

 

Letaknya di Jalan Tangkupan Perahu, Kelurahan Guntur – Kecamatan Setiabudi Kotamadya Jakarta Selatan. Salah satu taman yang tersedia diantara perumahan warga kota Jakarta yang dapat digunakan sebagai  tempat berinteraksi warga dan merupakan salah satu bagian dari taman-taman lingkungan yang tersebar dalam konsep kota taman Menteng.

Di dalam taman ini ada beberapa jenis pohon buah yang ditanam, diantaranya pohon buah mangga, pohon rambutan, pohon jambu bol, pohon asam jawa, pohon sawo manila. Pada tahun 2009, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng pihak swasta, PT L’Oréal Indonesia (L’Oréal) dan PT Yasulor Indonesia (Yasulor) dalam bidang penghijauan. Walikota Jakarta Selatan  Syahrul Effendi SH, MM bersama Wakil Walikota Jakarta Selatan Anas Effendi SH. MM danPresiden Direktur L’Oréal, Jean-Christophe Letellier yang secara simbolis melakukan aksi penghijauan dengan penanaman pohon buah (mangga, rambutan, jambu bol, asam jawa dan sawo manila) di Taman Tangkupan Perahu ini bersama-sama dengan para karyawan/staf PT.L’Oréal, PT.Yasulor dan Kantor Walikota Jakarta Selatan.

Fasilitas Taman Tangkupan Perahu

Selain tersedianya sarana masjid yang berada di depan taman, taman ini juga di lengkapi oleh arena bermain berupa 3 buah papan seluncur dan 3 buah besi panjat untuk anak-anak bermain. Tempat duduk juga tersedia bagi mereka yang ingin duduk duduk santai di hari libur disamping adanya fasilitas olahraga seperti jogging track, lapangan bulutangkis dan lapangan futsal. Fasilitas ini dapat digunakan warga secara bergantian.

Selepas berolahraga di taman ini biasanya pengunjung juga dapat menikmati jajanan seperti ketan, tempe mendoan, rujak, es podeng, es pisang hijau, es campur, es kelapa, kue pancong, kue ape selain makanan berat seperti mie ayam taman tangkupan perahu yang terkenal enak dan ketoprak.

Pengunjung taman ini yang naik busway biasanya turun di shelter busway Halimun kemudian berjalan kaki sekitar 200 meter menuju taman. Bagi mereka yang naik kendaraan motor, biasanya memarkirkan kendaraannya di sisi kanan kiri taman ini. Bagi para pengunjung yang berkendara dengan mobil harus memarkirkan kendaraannya di pinggiran jalan atau di sekitar Masjid Jami Tangkupan Perahu.