Tanah Kusir, Tempat Pemakaman Umum (tpu)

 

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir
Alamat Jl. Raya Bintaro, Kel. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Latlong -6.2523747,106.7688789

 

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir terletak di Jl. Raya Bintaro, Kel. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. TPU ini merupakan TPU yang terbesar di daerah Jakarta Selatan, dengan luas 55,04 ha. TPU Tanah Kusir terbagi menjadi dua, yaitu Tanah Kusir Utara (I) dan Tanah Kusir Selatan (II). Makam di TPU tanah Kusir tertata sangat rapi, teratur dan bersih, serta dilengkapi dengan fasilitas yang disediakan untuk pengunjung, mushola, toilet dan tempat parkir.

Pada tahun 2012 sebagian makam di TPU Tanah Kusir terkena normalisasi Kali Pesanggarahan. Normalisasi Kali Pesanggrahan merupakan salah satu proyek Jakarta Emergency Dradging Initiative (JEDI) atau proyek pengendalian banjir melalui normalisasi dan pengerukan sungai di Jakarta. Luas lahan yang terkena proyek normalisasi adalah sekitar 9.768 meter persegi atau sekitar 1.776 makam yang terdiri dari sisi utara sebanyak 798 makam dan sisi selatan 978 makam.

TPU Tanah Kusir merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dapat dimanfaatkan menjadi salah satu lokasi habitat burung di Jakarta karena posisinya yang strategis. Terletak diantara perumahan dan terdapat Kali Pesanggarahan di dalamnya. Keadaan Tanah Kusir yang lebih hijau dibanding dengan daerah sekelilingnya membuat Tanah Kusir menjadi tempat yang nyaman untuk burung bermain, singgah dan mencari makan. Kawasan TPU Tanah Kusir merupakan RTH penghubung dari lima lokasi utama habitat burung di Jakarta. Lokasi-lokasi tersebut adalah Bantaran Kali Pesanggrahan, Perumahan Pondok Indah, Kawasan Kebayoran, Kawasan Senayan, serta Hutan Kota Srengseng.