Tambora, Puskesmas Kecamatan

 

Puskesmas Kecamatan Tambora Jakarta Barat

Alamat

Jalan Kredang Utara No.4

Telepon

021-6313651

Fax

021-6318822

Email

pkm_kec_tambora@yahoo.co.id

Facebook

Puskesmas Kecamatan Tambora

Kepala Puskesmas

dr. Nikensari K.

Data per 2014

 

Puskesmas Kecamatan Tambora Jakarta Barat, berada di Jalan Kredang Utara Kelurahan Kredang Kecamatan Tambora Jakarta Barat. Puskesmas berlantai 5 ini  awalnya dibangun pada tahun 1987 kemudian di renovasi pada tahun 2005, yang dilengkapi dengan lift dan tangga untuk pasien yang berkunjung.

Puskesmas ini termasuk kedalam wilayah Kecamatan Tambora memiliki luas wilayah  542,09 Ha yang berbatas Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara di bagian utara, Kecamatan Tamansari Jakarta Barat di bagian timur,  Kecamatan Gambir Jakarta Pusat di bagian  Selatan dan Kecamatan Grogol Jakarta barat di bagian Barat. Kecamatan ini memiliki  jumlah penduduk mencapai 237.836 jiwa dengan 11 kelurahan, 1.082 RT, 96 RW dan 51.452 KK.  Kepadatan penduduk mencapai 481 jiwa/km 2 (12,215 jiwa) dan pertumbuhan penduduk 2,43%.

Visi Puskesmas Kecamatan Tambora adalah memberikan pelayanan kesehatan prima menuju Jakarta Sehat. Misi Puskesmas Kecamatan Tambora: Menyelenggarakan pembangunan kesehatan melalui manajemen kesehatan penerapan kaidah “Good Governance”, meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, kesehatan perorangan dan kegawatdaruratan kesehatan dengan prinsip pelayanan prima, meningkatkan kualitas dan disiplin kerja sumber daya manusia, menyelenggarakan  pelayanan kesehatan menuju sistem jaminan kesehatan nasional dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

Puskesmas ini memberikan layanan kepada pasiennya, diantaranya: Ruang Bersalin, USG, Ruang Metadon (PTRM), Poli HIV/IMS  (Klinik Cintta) , Poli 24 jam dan UGD, Poli Umum, poli TB Parudan PAL , Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) , Poli Keluarga Berencana (KB), Poli Gigi, Ruang Konseling Jiwa, Remaja dan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL), Laboratorium, Radiologi, Poli Mata, Operasi Mata, Poli Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) , Poli Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Poli Gizi, Poli Penyakit Tidak Menular (PTM), ruang rawat inap, ruang Terapheutic Feeding Center (TFC). Selain layanan yang diberikan kepada pasien, Puskesmas Kecamatan Tambora juga tersedia pojok menyusui bagi ibu dan anak, laboratorium, rontgen, ruang operasi, lift, tangga, tempat bermain anak, ambulance siaga, parkir mobil serta motor. Pada tahun 2015, puskesmas ini merencanakan pengadaan pelaksanaan operasi THT, pengembangan Poli PTM, Poli Ramah Anak dan Poli Lansia.

Puskesmas ini pernah menjadi Juara 1 Kinerja Terbaik Se-DKI Jakarta tahun 2011 dan Juara 2 Kinerja Unit Pelayanan Publik tingkat Provinsi tahun 2011.