Tamansari, Puskesmas Kecamatan

 

 

Puskesmas Kecamatan Tamansari Jakarta Barat

 

Alamat

Jalan Madu No.10 Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat

Telepon

021-6297752

Fax

021-6297752

Email

pkc_tamansari@yahoo.com

Jumlah dokter, perawat dan staf lainnya

124 orang

Data per 2014

 

Puskesmas Kecamatan Tamansari Jakarta Barat, berada di Jalan Madu No.10 Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Lokasi puskesmas ini tidak jauh dari Kawasan Bisnis dan Pecinan Glodok, Mangga Besar. Pada tahun 2014, puskesmas ini mengalami rehab total dan akan diselesaikan sekitar tahun 2016.

Puskesmas ini memiliki beberapa layanan untuk pasien yang berkunjung diantaranya:  Poli Umum, Gigi, Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), TB Paru, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Penyakit Tidak Menular (PTM)/ Lansia, Infeksi Menular Seksual (IMS), Mata (refraksionis), Gizi, Unit Rumah Bersalin, layanan 24 Jam serta Puskesmas Keliling (Pusling). Untuk layanan IMS, puskesmas ini mempunyai dua klinik yaitu klinik Jelia di Puskesmas Kelurahan Mangga Besar dan klinik Sophia di Puskesmas Kecamatan Tamansari. Sedangkan untuk Pusling, puskesmas ini menyediakan 1 unit mobil Pusling yang beroperasi di Kelurahan Tangki dan Kelurahan Grogol, keduanya memiliki jam kerja yang sama seperti hari kerja di Puskesmas Kecamatan Tamansari. Puskesmas ini dilengkapi juga dengan fasilitas penunjang berupa apotek, laboratorium, rontgen, pemeriksaan jenazah, pemeriksaan kesehatan haji dan EKG.

Puskesmas Kecamatan Tamansari menjalani beberapa program berkaitan dengan kesehatan diantaranya Program Penyakit Menular (DBD,TBC, Diare, Kusta, ISPA, Imunasi), Program Penyakit Tidak Menular (Kesehatan gigi/mulut, Batra atau Pengobatan Tradisional seperti akupuntur dan reflexy, Perkesmas, Kesehatan dan Olahraga, PTM), Kesling dan Kesehatan Kerja, Gizi (Gizi, Kesehatan Ibu, Kesehatan Lansia, PSM) dan Kesehatan Jiwa (Kesehatan jiwa dan Nafza serta Promkes).

Puskesmas ini memiliki tim Gugus Kendali Mutu yang bernama GKM Bougenville dan pernah mendapatkan penghargaan dalam beberapa lomba. Berikut ini diantaranya adalah prestasi yang dimiliki oleh Puskesmas Kecamatan Tamansari dan tim GKM Bougenville:

  • Juara I Lomba Yel-yel Tingkat Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.
  • Juara II Lomba GKM Tingkat Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.
  • Kategori Silver Tingkat Dinas Kesehatan DKI Jakarta.
  • Tenaga Paramedis Teladan (Tenaga Bidan), Juara II Tingkat Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.
  • Lomba Senam Jantung Sehat, Juara III Tingkat Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.
  • Lomba Lansia, Juara I Lomba Drama tentang Posyandu Lansia Tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat.
  • Lomba Posyandu, Juara II Tingkat Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.
  • Lomba PHBS, Juara II Tingkat Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.