Taman Suropati

Taman Suropati- Jakarta Pusat

Alamat

Jalan Suropati, Jakarta Pusat

Luas

16.328 m2

Tanaman Hias

1.173 m2

Pohon Pelindung

143 Pohon

Fasilitas

Plaza, Karya Seniman ASEAN

Jenis Vegetasi

Mahoni (Swietani mahagoni); Sawo Kecik (Chrysophiliiumsp); Ketapang (Terminalia catappa); Tanjung (Mimusop elengi); Bungur (Lagerstromea loudnii)

Latitude Longitude -6.192125906202497, 106.61511205136776

 

Terletak di Jl. Suropati, Jakarta Pusat. Kawasan Menteng yang namanya diambil dari Van Muntinghe, pemilik lahan semula, mulai dikembangkan menjadi salah seorang planolognya. Perencanaan kota baru ini disesuaikan dengan syarat kota Modern dan konsep "Kota Taman" (Garden City) yang sedang populer di Eropa.

Taman menjadi salah satu sarana kota yang mendapat perhatian khusus, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai daerah hijau semata, tetapi juga menjadi tempat yang terbuka untuk warganya berekreasi. Demikianlah Taman Suropati (Burgermeester Bischopplein) dirancang. Taman Suropati yang berada di pertemuan tiga jalan utama (Jl. Teuku Umar, Jl. Imam Bonjol dan Jl. Diponegoro) sampai sekarang masih berfungsi seperti pada awalnya.

Dinas Pertamanan DKI Jakarta mempertahankan kerindangan, kebersihan, dan keamanan taman ini. Walaupun saat ini bukan menjadi tujuan utama rekreasi warganya, pada pagi hari banyak warga Jakarta yang memanfaatkannya sebagai tempat berolahraga, atau hanya sekedar untuk beristirahat sambil menikmati air mancur dan keindahan patung-patung karya para seniman patung negara-negara ASEAN yang melambangkan wujud 'Spirit of ASEAN', yang berasal dari seniman Thailand, Filipina, Brunei, Singapore, Malaysia. Taman dengan ornamen dan sarana yang terdapat menjadikan taman ini menjadi salah satu taman dengan kualitas terbaik kota Jakarta.