Rita Widagdo

Pematung yang karya-karya abstraknya banyak menghiasi Jakarta. Lahir di Rottwell, Jerman tahun 1938. Belajar di Staatliche Akademie der Bildenden Kunste di Stutgart, Jerman (1957-1964). Kemudian sejak 1966 menjadi staf pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Disain ITB Bandung. Sekitar tahun 1974, untuk pertama kalinya patung karya Rita Widagdo, Dinamika dan Gerak, yang .terbuat dari bahan stainless stell, mengisi kawasan Slipi, Jakarta. Sayangnya, patung itu hanya tegak beberapa tahun saja. Pada tahun 1987, patung tersebut dicopot dari tempatnya, dengan alasan pelebaran ruas jalan layang. Pemda DKI berencana memindahkan patung tersebut ke kawasan Rawamangun, tapi gagal.

Karya-karya monumental interiornya justru mendapat tempat dan sambutan luar biasa di gedung-gedung perkantoran raksasa milik pemerintah dan swasta di sepanjang kawasan ibukota. Beberapa karya monumental interiornya dipajang di gedung Departemen Pendidikan Nasional, Mahkamah Agung, Gedung BPPT, Bank Indonesia, PT Freeport Indonesia, Bandara Hang Nadim, Batam, dan Mabes AVRI. Ia adalah seorang pekerja keras. Sikap keras dan disiplinnya pada diri sendiri menghasilkan kurang lebih SO patung monumen, puluhan relief untuk gedung perkantoran, apartemen dan rumah tinggal. Bagi Rita, tradisi memahat sudah seperti kewajiban yang kalau tidak ada alasan jelas, seharipun tidak boleh ditinggalkan. Padahal, sebagian besar material yang digunakan dalam karya-karyanya terhitung keras dan berat, antara lain batu, kayu, dan logam. Belakangan dia kerap menggunakan campuran bahan kimia polyester resin dengan pelbagai material lain.

Selain menonjolkan sifat-sifat dan karakter media, ia memperlihatkan penjelajahan teknik yang lanjut, menampilkan kesan saling berlawanan antara sifat-sifat material dan ketrampilan teknik yang tinggi. Misalnya, ia mengubah kesan keras dan solid pada logam menjadi sesuatu yang lunak dan lentur. Semua itu terlihat hampir pada seluruh jenis karya-karyanya seperti patung monumen, relief, dan patung-patung tunggal. Berpartisipasi dalam berbagai pameran dan seminar di dalam dan luar negeri.