RAWA BADAK, GELANGGANG OLAHRAGA

 

Gelanggang Olahraga Rawa Badak
Alamat Jalan Alur Laut, Kelurahan Rawa Badak, Kecamatan Koja, Jakarta Utara

 

Gelanggang Olahraga (GOR) Rawa Badak merupakan satu kompleks area fasilitas olahraga yang berada di Rawa Badak, Jakarta Utara. Lokasi Gelanggang Olahraga Rawa Badak ini berada tidak jauh dari Kolam Renang Rawa Badak, Waduk Rawa Badak, Kantor Sudin Kebersihan Jakarta Utara, Kelurahan Rawa Badak, Kantor KPP Pratama Jakarta Koja, Pasar Walang Baru dan Pasar Ular Plumpang. Gelanggang olahraga ini terdiri dari Stadion Sepak Bola dan Lapangan Tenis, serta area senam yang juga dapat difungsikan menjadi tempat parkir. Untuk Stadion Sepak Bola Rawa Badak dibangun sejak tahun 1995, namun karena sempat terkendala dengan permasalahan sengketa lahan maka baru dapat diserahterimakan pada tahun 2008, namun ada yang menyebut pihak Pemprov DKI Jakarta memenangkannya di PTUN pada tahun 2014.

Luas tanah keseluruhan stadion ini mencapai 46.000 m2 dengan luas bangunan 60x20 m2. Stadion ini awalnya dibangun karena lapangan bola Yos Sudarso di Jalan Yos Sudarso dialihfungsikan menjadi bangunan kantor Walikota Jakarta Utara, kemudian oleh pihak Pemprov DKI Jakarta fasilitas olahraga lapangan sepak bola itu dicarikan tempat di lahan lain dan akhirnya terpilihlah lokasi di kawasan Rawa Badak. Lokasi ini awalnya dikenal sebagai area yang marak premanisme, namun pihak Pemprov berharap dengan kehadiran fasilitas olahraga ini dapat membantu warga untuk lebih memiliki semangat positif dalam beraktivitas. Stadion ini juga pernah menjadi tempat rekreasi ilegal, karena dipergunakan oleh beberapa komunitas yang tidak terkait dengan dunia olahraga, misalnya komunitas pedagang kaki lima, komunitas odong-odong, komunitas delman, komunitas berkuda, komunitas permainan anak-anak, komunitas penjual hewan, komunitas motor dan komunitas catur. Kemudian di tahun 2015, tempat rekreasi ilegal ini ditertibkan agar fasilitas olahraga dapat benar-benar difungsikan sebagai tempat olahraga bagi warga DKI Jakarta.

Setiap harinya Stadion Sepak Bola Rawa Badak yang ada di GOR Rawa Badak mempunyai kelas bagi mereka yang ingin berlatih Sepak Bola. Di Stadion ini terdapat 2 Sekolah Sepak Bola yaitu Jakarta North City (JNC) yang berlatih setiap hari Senin, Rabu dan Jumat pukul 14.00-18.00 WIB. Tim klub JNC pernah beberapa kali mengikuti kompetisi, seperti Liga Pertamina 2014 di Jakarta, Liga Kompas Gramedia U-14 2013 Kompetisi Sepak Bola Usia Muda antar SSB Terbaik Sejabodetabek di stadion Ciracas Jakarta Timur, Danone Nations Cup 2012 di Lap .Ciangsana Cibubur dan Liga Kompas Gramedia 2012. Klub SSB JNC ini mempunyai julukan The North King Mania. Awalnya Klub SSB JNC bernama Larose dan berdiri sejak tahun 1995 kemudian ditahun 2010 berganti nama menjadi JNC. Klub SBB berikutnya adalah SSB Benteng Merah Putih Utara (BMPU) yang berlatih setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 14.00-18.00 WIB. SSB BMPU juga pernah beberapa kali mengikuti kompetisi seperti Kompetisi Sunter Podomoro 2011, Juara 3 POR Pelajar 2013, Ujicoba melawan Benteng Muda Malang, Pertandingan persahabatan tim SSB BMPU dan tim Juara Danone 2010 dan Danone Nations Cup 2015. Selain sekolah bola di Stadion Sepak Bola Rawa Badak juga terdapat fasilitas berupa lintasan atletik, ruang ganti, toilet, lahan parkir yang luas dan keamanan.

Untuk area GOR Rawa Badak juga terdapat 2 lapangan tenis yang dapat digunakan oleh warga dan dilengkapi dengan fasilitas toilet, ruang ganti, serta lahan parkir yang luas. Untuk biaya sewa disesuaikan dengan Perda DKI. Di samping lapangan tenis terdapat area parkir yang sering digunakan oleh warga untuk melakukan aktivitas senam kesehatan Jasmani diantaranya yang dibina oleh Gabungan Anak Priok (GAP) yang berlatih pada hari Minggu pukul 07.00-08.30 WIB, serta dari Komunitas Penggemar Olahraga Santai (KOMPOS) yang berlatih pada hari Sabtu pukul 07.00-08.30 WIB. Kompos awalnya adalah komunitas para karyawan yang telah pensiun kemudian membentuk wadah untuk beraktivitas bersama di GOR Rawa Badak. Selain senam SKJ, KOMPOS juga melakukan aktivitas sepeda santai. Saat ini yang mengikuti KOMPOS tidak hanya mereka yang sudah berusia lanjut, tetapi dari berbagai kalangan usia dan latar belakang. Bila SKJ dilakukan di akhir pekan, area senam ini bahkan bisa menampung hingga 1.000 orang yang mengikuti gerakan senam.

GOR Rawa Badak juga pernah beberapa kali menjadi tempat untuk event olahraga, maupun non olahraga dengan kapasitas besar. Diantaranya Festival Jantung Sehat dari Yayasan Jantung Sehat Indonesia 2012, Kaki Lima Night Market 2014 yang digelar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, acara TNI Tentara Manunggal Masuk Desa se-Provinsi DKI Jakarta, pencanangan HUT DKI Jakarta 22 Juni dan Tablig Akbar Ponpes Kedunglo.

Untuk mencapai lokasi GOR Rawa Badak, dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Mereka yang menggunakan kendaraan umum, seperti bis transjakarta dapat turun di shelter Plumpang Pertamina, kemudian berjalan kaki menyebrang ke sisi kanan, lalu naik angkot merah KWK U09 jurusan Tanjung Priok–Cilincing atau Metromini 07 jurusan Senen-Semper, kemudian turun di pertigaan jalan Alur Laut dan naik angkot merah KWK 06 jurusan Tanjung Priok-Walang Baru dari jalan Alur Laut untuk kemudian berhenti persis di depan gerbang utama GOR Rawa Badak di jalan Alur laut.