PULAU PARI

Pulau Pari masuk wilayah Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Luas wilayahnya mencapai 40,32 hektar denganjumlah penduduk yang relatif sedikit dibandingkan pulau-pulau pemukiman lainnya di wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, yaitu hanya sebanyak 697 jiwa. Karena jumlah penduduknya yang relatif sedikit dan belum banyaknya bangunan yang tersedia, pemandangan hijau dengan pepohonan yang rindang masih tampak dominan di pulau ini. Pulau Pari yang memang masih sangat asri ini telah menjadi salah satu tujuan para peneliti dan beberapa peserta sekolah alam dalam rangka memperkaya pengetahuannya tentang biota laut, area tanam bakau, lokasi budidaya rumput laut dan perkampungan yang asri dan unik juga menjadi bagian daya tarik wisata yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.


Layaknya pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, maka guna mendukung pengembangan kawasan di Pulau Pari Pemerintah Kabupaten membangun sarana dan prasarana penunjang bagi masyarakat setempat sebagai wujud pelayanan bagi masyarakatnya. Sarana dan prasarana tersebut meliputi sarana prasarana pemerintahan, kesehatan, pendidikan, aksesibilitas lingkar luar dan' perhubungan. Penyediaan Posyandu atau fuskesmas, pembangunan ataupun rehab fasilitas sekolah, penataan jalan dan penyediaan dermaga yang layak adalah buktinya. Di masa mendatang pengembangan Pulau Pari masih perlu ditingkatkan pembangunan di berbagai sektor.


Harapan di masa mendatang Pulau Pari dapat mengikuti jejak pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu yang telah berhasil membangun diri dan masyarakatnya sehingga mandiri dan memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu.