Pulau Karya

Berdasarkan pemanfaatannya, Pulau Karya  difungsikan sebagai kantor dan rumah dinas unit teknis Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau yang berluas 6 hektar ini terletak berdekatan dengan Pulau Panggang dan juga Pulau Pramuka, tepatnya di wilayah Kelurahan Pulau Panggang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Selain terdapat kantor dan rumah dinas unit teknis, di sini terdapat pula Mapolres dan Koramil Kepulauan Seribu serta fasilitas penunjang lainnya.


Tidak seperti pulau-pulau lain, Pulau Karya hanya memberikan gambaran deretan rumah-rumah yang sudah tertata dan ini merupakan rumah dinas pegawai Pemerintah Kabupaten. Bila lebih jauh lagi maka ditemui adanya pemakaman yang digunakan oleh penduduk Pulau Panggang dan Pulau Pramuka. Memang di Pulau Karya tidak menjanjikan apa-apa, akan tetapi pasir putihnya sangat memberikan kesan seperti pasir putih pantai yang masih asri dan unik.


Akses menuju pulau ini dapat ditempuh melalui dermaga Muara Angke tujuan Pulau Panggang dan kemudian transit melalui kapal penumpang yang lebih kecil yang hanya memakan waktu 10-15 menit lamanya.