Pranawengrum Katamsi

Penyanyi seriosa. Lahir di Yogyakarta, 28 Maret 1943, anak ke-5 dari enam bersaudara. Putri dari Surachnat Padnorahardjo, pegawai swasta dan juga pemain biola. Pendidikan terakhirnya adalah FISIP UGM, sampai tingkat tiga. Awal perkenalannya dengan lagu seriosa karena seringnya dia mendengar lagu-lagu rohani disekolahnya, SMA BOPKRI. Kendati muslim, dia mengikuti upacara kerohanian Kristen setiap Senin, agar bisa ikut menyanyi. Vibrasi suaranya memang bagus hingga dia bisa mewakili sekolahnya dalam lomba seriosa di Pekan Kesenian Jakarta. Usianya saat itu 16 tahun. Dia meraih juara II. Setahun kemudian, 1961, dia ikut lomba lagi dan melorot menjadi juara III. Semangatnya tidak patah, dan dia mulai berguru pada Suthasoma, seorang tetangganya yang kebetulan juga pelatih vokal.

Pada 1961 dia menjadi juara bintang radio Yogyakarta, pada tingkat nasional hanya mampu menduduki peringkat harapan. Semenjak itu prestasinya terus naik. Secara berturut-turut dia selalu menjadi juara satu dan meraih bintang utama dalam perlombaan bintang radio dan televisi tingkat nasional jenis seriosa: 1964, 1965, 1966, 1968, 1974, dan 1980. Antara 1969-1973 dia absen karena mengikuti suaminya, Amoroso Katamsi, bertugas di Cilacap. Menurutnya, penyanyi seriosa harus gemuk, soalnya bernyayi seriosa memerlukan memerlukan kekuatan yang lebih. Menurutnya pula, tinggi rendahnya atau lepas tidaknya suara, dipengaruhi latar belakang keluarga. Dia yang berlatar belakang Jawa semula sering tertahan suaranya, karena kulturnya menganggap bersuara keras bukanlah tindakan yang sopan.

Sebagai wujud keseriusan berseriosa, semenjak tahun 50-an dia telah turut memikirkan perkembangan seriosa di Indonesia. Dikumpulkannya para penyayi seriosa untuk melakukan kegiatan dengan upaya melebarkan sayap peminat jenis lagu ini. Rekamannya bersama pianis Soewanto Soewandi, yang juga salah satu usahanya meluaskan peminat jenis ini, di bawah label Irama Master nyata seret di pasaran.