Portal Jakarta.go.id

Jakarta.go.id adalah Portal resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pertama kali dibangun pada tahun 1995. Situs ini memiliki tujuan diantaranya untuk memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat melalui pemanfaatan kemajuan teknologi. Dalam pembangunan dan pengembangannya portal resmi ini diharapkan menjadi Pemerintah Provinsi terdepan dalam pemanfaatan teknologi khususnya internet, yang kedua portal ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat  dalam dan luar negeri mengenai potensi Kota Jakarta.

Awalnya portal ini dikembangkan dengan menggunakan nama dki.go.id dalam perjalanannya pengembang portal ini memiliki pilihan-pilihan nama diantaranya dki.go.id dan jakarta.go.id yang kemudian nama jakarta.go.id digunakan oleh situs Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun dikemudian hari saat kepemimpinan Aurora Tambunan menjadi Kepala Dinas Pariwisata, nama situs Jakarta.go.id dikembalikan kepada Pemprov DKI karena website Dinas Pariwisata harus berbasis tourism dan digunakan juga dengan berbagai pertimbangan diantaranya nama Jakarta secara konsensus lebih dikenal dibandingkan DKI.

Untuk sistem hosting, awalnya menggunakan domain dari indonet, kemudian karena meningkatnya kebutuhan pemanfaatan internet maka dibangunlah server tersendiri. Tim yang terlibat saat itu diantaranya adalah Bapak Muchtar, Bapak Hanafi, Ibu Herlinda dan Bapak Slamet sebagai programmer. Keseluruhan tim berasal dari Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE). Pada awal pembangunan, pengerjaan web masih sederhana hanya menggunakan notepad.

Pada tahun 2001 peluncuran pertama website dki.go.id dilangsungkan bersamaan dengan teleconference lima wilayah DKI Jakarta dengan teknologi teleconference ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Fauzi Bowo ditahun 2001. Berbagai aplikasi mengenai Jakarta yang tersedia pada jakarta.go.id pada masa itu di antaranya adalah info kegiatan gubernur, sejarah DKI, luas DKI, data-data dari BPS, pelayanan masyarakat, informasi alamat SKPD dan pimpinan-pimpinannya, dan lain sebagainya.

Saat itu animo masyarakat cukup tinggi. Terbukti dengan beragam email yang masuk dari warga yang diantaranya terdapat dalam forum warga. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala diantaranya dalam menjawab dan memberikan pemecahan masalah warga dikarenakan kurang tersedianya data langsung dari SKPD, kurang nya respon dari SKPD dan lamanya waktu yang dibutuhkan agar  data sampai ke pengelola website.

Perkembangannya, di tahun 2003 terjadi trend pengembangan media melalui internet dimana tiap-tiap SKPD membuat website tersendiri namun tidak mengupdate data sehingga website terkesan diam dan tidak dinamis. Saat ini fitur-fitur yang ada di web termasuk forum warga terus dikembangkan diantaranya media interaksi warga dikembangkan menjadi balai warga. Harapan besar dari tim pengembang Portal Jakarta.go.id adalah menjadi portalnya kota Jakarta dimana tidak hanya memuat berbagai informasi dan kebijakan Pemerintah saja namun juga memuat informasi dan data yang dibutuhkan warga dalam aktifitasnya sehari-hari di Jakarta. Harapan lain adalah pemuktahiran atau update data yang akurat dan cepat dapat dilakukan secara berkesinambungan diantaranya data nama-nama pejabat yang baru dilantik di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan berbagai data yang terkait dengan aktifitas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lainnya. Terakhir adalah dengan lengkapanya data, diharapkan tumbuhnya kepercayaan masayarakat terhadap portal jakarta.go.id sehingga menjadi  referensi terpercaya dalam mencari data dan informasi mengenai Jakarta.

Pada Januari  2009, terjadi perubahan struktur organisasi di Pemprov DKI Jakarta antara Kantor Pengelola Teknologi Informasi (KPTI), Biro Humas &  Protokol (Bidang Humas) dan Dinas Perhubungan (Bidang POS dan Telekomunikasi) bergabung menjadi Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan (DISKOMINFOMAS) Provinsi DKI Jakarta yang menyebabkan pengelolaan jakarta.go.id berpindah pengelolaannya ke Dinas yang baru tersebut.

Pada bulan April 2009, dalam Rapat Pimpinan yang dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta, salah satu hasil rapatnya adalah Gubernur menginstruksikan untuk melakukan pemutakhiran (pembaharuan) portal jakarta.go.id. Gubernur berkeinginan agar portal jakarta.go.id setara dengan portal kota – kota ternama di dunia. Hal ini menjadi suatu tantangan baru untuk senantiasa melakukan perubahan, pengembangan, dan pengelolaan portal jakarta.go.id.

Tantangan tersebut disikapi oleh Kepala DISKOMINFOMAS, Bapak Nurachman dengan melakukan rapat koordinasi internal untuk menindak lanjuti arahan Gubernur. Semula jakarta.go.id dikelola oleh eks KPTI akhirnya diserahkan pengelolaan dan pengembangannya kepada bidang Informasi Publik Bapak Reswan Soewardjo khususnya Seksi Data dan Informasi Bapak Alberto Ali.

Tanggal 30 Juli 2009, website jakarta.go.id yang mengalami perubahan dan pembaharuan selanjutnya kembali diluncurkan ke publik. Aplikasinya masih bersifat sementara karena belum didukung oleh perencanaan dan anggaran yang memadai tetapi, basis data dan tampilan  sudah bertambah dan berubah. Tim ahli yang terlibat dalam pengembangan diantaranya adalah Agus Sugiharto, Doni Maulana, Imam Priyono, Rahan Yama Gusta, Dimas Aji Saputro, Ari Setiobudi, dan Galih Setiawan.

Dalam era kepemimpinan Kepala Bidang Informasi publik Bapak  Cucu Achmad Kurnia pada tanggal 4 Juni 2010, portal jakarta.go.id tampil dengan wajah baru yang lebih informatif, aktual lebih elegan dengan jumlah data dan informasi yang lebih lengkap. Beragam fitur yang disajikan telah disesuaikan dengan hasil observasi, kritikan, saran serta berbagai masukan dan literature dari Asian and Pacific Training Center for Information and Communication Technology for Development  (ESCAP/APCICT).

Adapun Visi dan Misi portal jakarta.go.id adalah sebagai berikut:

Visi:   “Sebagai Portal Resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Memberikan Pelayanan Data dan Informasi Kepada Masyarakat Guna Mewujudkan Jakarta Nyaman dan Sejahtera Untuk Semua”
 
Misi:
1. Memberikan Data dan Informasi Secara Tepat dan Akurat.
2. Melayani Masyarakat dengan Prinsip Pelayanan Prima Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.
3. Membangun Infrastruktur Portal yang Terintegrasi Dengan Perangkat Teknologi Lainnya.

Fitur-fitur yang disajikan dibagi dalam beberapa klasifikasi untuk banner atas terbagi menjadi Mengenal Jakarta, Datang & Kunjungi, Bisnis Jakarta, Hidup di Jakarta. Sedangkan fitur lain adalah produk hukum, ensiklopedi Jakarta, nomor penting, e-procurement, kliping media, bank data, info transportasi. Sedangkan bagi masyarakat Jakarta, disediakan pula informasi dalam kalender kegiatan serta fotografi. Dalam kalender acara tersaji beragam informasi kegiatan tidak hanya kegiatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta namun juga kegiatan acara perusahaan, hotel, mal, komunitas, hingga lembaga dan teater. Hal ini menunjukkan upaya Pemprov DKI untuk menjalin kerjasama dengan pihak swasta karena website ini merupakan Portal Kota sehingga kegiatan masyarakat Jakarta perlu ditampilkan. Sedangkan untuk fitur fotografi merupakan fitur sebagai wadah komunikasi interaktif yang berbasis hobi dan minat fotografi. Animo masyarakat cukup tinggi terbukti dengan jumlah anggota pengguna portal jakarta.go.id yang berjumlah 419 hanya dalam dua minggu sejak diluncurkan dan terus tumbuh menjadi lebih dari 16.400 anggota ditahun 2012.

Perubahan lain adalah munculnya balai warga yang lebih responsif dan dapat menampilkan informasi atau pertanyaan dari warga. Fasilitas balai warga ini dibuat sebagai media komunikasi antara para anggota (member) dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk bertukar informasi berupa penyampaian aspirasi, kritikan, masukan, saran dan keluhan masyarakat. Fasilitas ini juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi sesama anggota (member) untuk bertukar informasi tentang wisata, kuliner, hiburan, pendidikan dan lain-lain. Perubahan era digital dimana masyarakat kini juga secara cepat memperoleh informasi melalui handphone dan Blackberry juga disesuaikan dengan jakarta.go.id. Salah satunya adalah fasilitas download jakarta.go.id launcher untuk Blackberry. Hal ini ditujukan untuk memudahkan pengunjung website serta masyarakat untuk segera mengakses informasi dan data via mobile phone.

Situs jakarta.go.id terus melakukan perbaikan dan penambahan informasi. Baik dari segi content maupun pengembangan aplikasi, sehingga diharapkan ke depannya masyarakat dapat menjadikan “jakarta.go.id” sebagai sumber yang terpercaya dalam mencari informasi seputar DKI Jakarta, dan agar “jakarta.go.id” dapat menjadi portal utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi tentang DKI Jakarta.

Sejumlah prestasi telah diraih oleh Portal ini diantaranya adalah Juara 1 (satu) website kategori Pemerintah Daerah, Anugerah Media Humas tahun 2010, Juara ke-3 (tiga) kategori website pada lomba ing grya Perhumas Indonesia tahun 2010, juara 1 (satu) website kategori Pemerintah Daerah oleh Badan Koordinasi Pemerintah dan juara ke-2 (dua) Goverment award tahun 2011 (dalam penganugerahan ini portal jakarta.go.id meraih nilai yang cukup tinggi dalam kriteria aktivitas internet yakni 158,51, nilai ini melampaui angka rata-rata nasional aktivitas internet yaitu 111,72). Website jakarta.go.id berturut-turut mendapatkan penghargaan Digital Marketing Award pada tahun 2013 dan tahun 2014 yang dinilai sebagai great performing website untuk kategori Website Pemerintah Daerah bersama dengan puluhan merek dari berbagai kategori seperti makanan, toko online, sampai mining, kontraktor, dan lain-lain. Penghargaan Digital Marketing Award tahun 2013 dan tahun 2014 diterima oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Alberto Ali selaku Kepala Seksi Data dan Informasi, Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan selaku pengelola portal resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.