Pia Alisjahbana

Tokoh pers dan dosen. Nama aslinya adalah Suftalasifah Alisjahbana, lahir di Bondowoso, 26 juli 1933. Anak bungsu dari pasangan Prof Ir R Soerdjomihardjo dan Hisnat Djajadiningrat. Pendidikan terakhirnya ditempuh di Universitas Cornell, Amerika Serikat, Kesusasteraan Inggris Modern tahun 1963. Semasa kecil, berkat orang tuanya yang berpikiran maju, dia mendapat didikan gaya Barat. Masa kecilnya berpindah-pindah mengikuti ayahnya yang insinyur dan banyak mengerjakan proyek. Ia pernah di Kota Bengkulen, Sumatra, Singaraja, Surabaya dan Mojokerto.

Pada 1972, bersama Mirtati Kartohadiprodjo dan Widarti Gunawan, dia mendirikan majalah Femina. Setahun kemudian dia mendirikan majalah remaja Gadis. Dia berharap Gadis bisa memberi tambahan pengetahuan bagi remaja. Paling sedikit ikut memberi sumbangan dalam perkembangan remaja menuju alam dewasa. Itu sebabnya, isi Gadis tak hanya informatif tapi juga edukatif, tentu dengan kemasan tidak menggurui. Gadis mulai tenar saat menyelenggarakan pemilihan Putri Remaja, 1977. Oplah Gadis saat itu mencapai 90.000 eksemplar.

Beberapa jabatan yang dipegangnya antara lain: Ketua Dewan Penyantun Yayasan Asih Budi Sekolah Luar Biasa, Anggota Direksi Majalah Femina dan Ayahbunda serta X-tra, Pemimpin Redaksi majalah Gadis, Lektor Kepala Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Koordinator Pasca Sarjana Kajian Wilayah Amerika dan Fakultas Sastra UI.