Phoa Tjoen Hoat

Pengarang Melayu-Cina yang juga seorang wartawan. Namanya sering ditulis sebagai TH. H. Phoa Jr.. Ia pernah menjadi redaktur Perniagaan (1905), wartawan majalah Hindia di Batavia, kemudian majalah Insulin di Semarang. Tahun 1914 ia menjadi kepala redaksi di harian Warna Warta di Semarang, tahun 1917 menjadi redaktur harian Jih Pao dan majalah Perdamaian di Pekalongan, kemudian redaktur harian Sinar Sumatera (1918) di Padang. Ia juga menulis novel atau menerjemahkan karya sastra asing.

Novelnya yang terkenal adalah Tjerita Controleur Malheure yang dimuat secara serial di harian Sin Po dan diterbitkan sebagai buku pada tahun 1912. Novel ini menceritakan penari ronggeng yang menikah (tanpa diketahui) dengan anaknya sendiri seorang Indo-Belanda. Keduanya kemudian bunuh diri. Karyanya yang lain adalah Setan Item yang dimuat secara serial dalam Warna Warta yang isinya menyerang organisasi Sarekat Islam. Dalam harian yang sama dibuat serial 51 Million Franc terjemahan dari sastra Perancis, tetapi mendapat protes keras dari para pembacanya sehingga dihentikan pemuatannya. Kelak cerita serial itu diteruskan oleh Pauw San Liang dengan judul Penjahat di Parijs. Novel lainnya, Ah Soeda Kasep, diterbitkan tahun 1918.

Karya-karya terjemahan atau sadurannya meliputi Marguerite Gauthier (1907), Tjerita Dasaran Djodonja (1911, dua jilid), saduran cerita Jerman Hikajat Tangan Allah (1914), terjemahan She dari Ridder Haggard; Hikajat Sherlock Holmes (1914, tujuh jilid), Hikajat Pengempangan Darah (1911) dengan nama Young Chinaman, Tjerita Korbannya Ayah Sendiri (1925), dan saduran cerita Cina. Di samping itu Phoa juga menulis telaah sejarah Cina dan undang-undang perniagaan.