Petrus Albertus Van Der Parra

Gubernur jenderal VOC di Hindia Belanda yang memerintah sejak tahun 1761 hingga 1775. Ia menggantikan gubernur jenderal sebelumnya, Jacob Mossel. Van der Parra dilahirkan di Kolombo, Srilangka, tahun 1714 dan meninggal tahun 1775. Ayah tirinya yakni Rombout van der Parra menjadi komandan di kantor Malabar, kemudian dipanggil ke Batavia diangkat menjadi anggota Dewan Hindia. Sejak usia 14 tahun ia telah bekerja pada dinas VOC sebagai serdadu. Dalam waktu 8 tahun ia sudah menjadi pedagang muda (onderkoopman) di tahun 1736. Pada tahun 1747 van der Parra diangkat sebagai sekretaris pemerintah sekaligus anggota Dewan Hindia. Tahun 1752 ia telah menjabat presiden dari Collegie van Heemraden.

Van der Parra diangkat menjadi gubernur jenderal saat berusia 49 tahun. Namun ia menunda pelantikannya sampai tahun 1763, karena menunggu kepastian dari pengurus VOC di Amsterdam dan juga agar bertepatan dengan hari kelahirannya tanggal 29 September 1763. Pada saat itu diadakan pesta besar-besaran yang dihadiri oleh para pembesar VOC di Batavia, bupati dari Priangan, Cirebon dan wilayah sepanjang pantai utara Jawa dan Madura. Keraton Yogyakarta dan Surakarta juga mengirim utusan, bahkan dimana VOC memiliki kantor dagang seperti di Persia, Jepang, India, dan Srilangka juga turut memeriahkan pesta tersebut.

Van der Parra merupakan pemilik perkebunan swasta di ujung selatan Molenvliet Timur dan pojok Noordwijk. Tanah tersebut dibelinya tahun 1769, awalnya tanah dan rumah tersebut milik Jacob Mossel. Dia telah memulai tinggal di kota selatan, setengah abad sebelum Daendels memerintahkan untuk menghancurkan dinding kota di utara dan memindahkan ibu kota pemerintahan tidak jauh dari tempat van der Parra. Bangunannya masih ada sampai tahun 1820, namun diatasnya kemudian dibangun rumah sakit militer tahun 1857 dan kemudian dikenal sebagai RSGS (Rumah Sakit Gatot Subroto). Setelah meninggal jabatannya sebagai gubernur jenderal kemudian digantikan oleh Jeremias van Riemsdijk.