Perbanas, Sekolah Tinggi Llmu Ekonomi (stle)

Lembaga pendidikan yang berdiri tanggal 15 Februari 1969, didirikan atas prakarsa Drs. O.P. Simorangkir dan Sarono, SH. Bertepatan dengan penandatanganan akta pendirian Yayasan Pendidikan Perbanas, maka diresmikanlah berdirinya Akademi Ilmu Perbankan (AIP) Perbanas. Perbanas inilah cikal bakal STIE Perbanas. Semula Akademi ini berkantor di Jl. Sindanglaya No.1, Menteng, Jakarta Pusat, sedangkan kegiatan perkuliahan menumpang di TK dan SD Trisula di kawasan Jl. Pariaman.

Tepat pada usia yang ke-6, tahun 1974, Akademi ini mengalarni masa surut. Jumlah mahasiswa yang semula 100 orang menurun sampai 28. Lalu diputuskan susunan pengurus yayasan yang baru, dan di bawah kepemimpinan Nyi Han Siang, seorang bankir terkemuka, sebagai Ketua. Nyo, yang juga pengusaha film, membawa angin segar. Tahun 1972, dibukalah Jurusan Akuntansi. Seiring dengan pertambahan jurusan, pada 1982 diubahlah nama AIP menjadi Akademi Akuntansi dan Perbankan (AAP) Perbanas. Dari nama itu, barulah kemudian lembaga pendidikan ini menjadi STIE Perbanas.

Program Studi STIE Perbanas yang beralamat di Jl. Perbanas, Kuningan, Setiabudi, Jakarta adalah Fakultas Ekonomi-Jurusan Manajemen, dan Manajemen Keuangan dan Perbankan. Jurusan Akuntansi: Akuntansi S1 dan D3.