PASAR IKAN, PELABUHAN

Sebelumnya dikenal dengan nama Pelabuhan Sunda Kelapa, merupakan pelabuhan tradisional terletak di pesisir Utara Jawa bagian Barat dengan lautnya Laut Jawa. Pelabuhan ini adalah pelabuhan pertama untuk Jakarta sebelum kota itu berkembang, setelah Pelabuhan Tanjung Priok mengalami peningkatan yang makin hari makin berkembang.

Jarak dari pusat Kota Jakarta ± 15 km arah utara kota. Secara administratif terletak di Kelurahan Penjaringan Kec. Penjaringan Wilayah Jakarta Barat. Batas administratifnya adalah sebelah Utara dengan Laut Jawa termasuk Kec. Kepulauan Seribu, sebelah Selatan dengan Kec. Penjaringan,Timur berbatas dengan Kec. Penjaringan dan sebelah Barat dengan Kec. Manggadua.

Meskipun Pelabuhan Pasar Ikan hanya sebuah pelabuhan kecil di Jakarta. Namun demikian banyak kapal yang berlabuh, sekitar 40 buah kapal membuang sauh setiap hari baik yang bermotor, maupun kapal layar yang menurunkan dan memuat macam-macam hasil bumi seperti kopra, kacang, dan lainnya. Kecuali kapal-kapal dagang itu, banyak pula kapal ikan keluar masuk.