PALMERAH, PUSKESMAS KECAMATAN

Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat
Alamat Jl.Palmerah Barat No.120, Jakarta Barat
Telepon +62 21 5482431
Fax +62 21 5482370
Email pkm_palmerah@yahoo.com
Website/ Blog www.puskesmaspalmerah.com
Facebook Puskesmas Kecamatan Palmerah
Jumlah Dokter, Perawat dan staf lainnya 160 orang
Jam buka

Poli Layanan

Senin-Jumat (08.00-15.00)

Layanan 24 Jam

Senin-Jumat (15.00-08.00)

Sabtu-Minggu-Libur (24Jam)

Layanan Rumah Bersalin

Senin-Jumat (15.00-08.00)

Sabtu-Minggu-Libur (24Jam)
Angkutan Umum M11  Palmerah – Kebon Jeruk
Kapasitas Tampung Lahan Parkir +10 Mobil dan 20 Motor

Data per 2014

Puskesmas Kecamatan Palmerah (PKP) Jakarta Barat, berada di Jalan Palmerah Barat No.120. Letaknya tidak jauh dari Pasar Palmerah dan Pasar Bunga Rawabelong. Puskesmas ini dibangun pada tahun 2003 dan selesai serta mulai dimanfaatkan pada tahun 2005. Dengan luas bangunan mencapai 2.500 m2, puskesmas ini memiliki berbagai macam fasilitas dan layanan untuk pasien yang datang.

Puskesmas ini berada di wilayah Kecamatan Palmerah yang memiliki luas 755 ha. Kecamatan ini terdiri dari 6 (enam) kelurahan yaitu Palmerah, Kemanggisan, Slipi, Jati Pulo, Kota Bambu Selatan, dan Kota Bambu Utara. Adapun batas-batas wilayah kecamatan Palmerah yaitu kecamatan Grogol Petamburan di sisi Utara, kecamatan Kebayoran Lama di sisi Selatan, kecamatan Tanah Abang di sisi Timur, dan kecamatan Kebon Jeruk di sisi Barat.
 
Puskesmas Kecamatan Palmerah memiliki kebijakan mutu dalam memberikan layanan kami kepada masyarakat, yaitu menjadikan pelayanan kesehatan sebagai pilihan utama dan terjangkau serta melayani masyarakat dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan, standar mutu yang terjamin, berkomitmen pada peningkatan mutu yang berkelanjutan, dengan tetap sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku.
 
Ada pun nilai-nilai organisasi yang dianut semua pelaksana kegiatan-kegiatan pelayanan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Palmerah terwujud dalam SEHAT ITU UTAMA, yang dijabarkan sebagai berikut: Senang menjalankan tugas; Empati kepada pelanggan; Hati selalu gembira; Anak, ibu, muda, dan tua diberi pelayanan; Tidak takut pada tantangan; Inisiatif; Tujuan jelas pelayanan baik; Usaha keras menjadi cara; Utamakan kepuasan pelanggan; Tanpa pamrih membantu sesama; Amalan baik menjadi tujuan; Motivasi berkesinambungan; Agar hidup lebih berkualitas.

Puskesmas Kecamatan Palmerah memiliki visi menjadi pusat pelayanan kesehatan pilihan utama dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Sedangkan misi dari Puskesmas Kecamatan Palmerah yaitu, Memberdayakan sumber daya masyarakat; Mengembangkan sarana dan prasarana; Mengembangkan pelayanan kesehatan; Meningkatkan peran serta masyarakat; Meningkatkan kerjasama lintas sektoral.

LAYANAN PUSKESMAS KECAMATAN PALMERAH
Layanan yang dimiliki Puskesmas Kecamatan Palmerah dalam rangka menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat diantaranya:

BALAI PENGOBATAN UMUM (BPU)
BPU merupakan tempat pemeriksaan kesehatan umum oleh dokter yang memiliki kompetensi, yang meliputi observasi dan diagnosa medis, guna mencegah penyakit, melakukan penyuluhan hingga pengobatan.
BALAI PENGOBATAN GIGI (BPG)
BPG merupakan tempat pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi oleh dokter spesialis gigi, yang meliputi observasi dan diagnosa medis, guna mencegah maupun mengobati penyakit pada gigi.
POLI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM)
PTM bertujuan untuk mencegah dan mengobati penyakit tidak menular.
MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS)
MTBS merupakan upaya yang ditujukan untuk menurunkan sakit maupun tingkat kematian sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan balita di Puskesmas Kecamatan Palmerah.
KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA)
KIA disediakan untuk memberikan pelayanan bagi ibu hamil, ibu nifas serta bayi baru lahir dan balita, yang bertujuan membantu mempersiapkan kelahiran serta melakukan deteksi dan stimulasi dini tumbuh kembang bayi.
KELUARGA BERENCANA (KB)
Layanan KB disediakan bagi pasangan usia subur yang ingin mendapatkan informasi program KB, mengikuti program KB, atau berkonsultasi seputar masalah KB.
POLI GIZI
Poli gizi ditujukan bagi balita yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk, khususnya dari keluarga kurang mampu. Layanan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan status gizi si balita.
RUMAH BERSALIN (RB)
RB merupakan fasilitas ruangan yang disediakan untuk ibu yang akan melahirkan. Tersedia 10 tempat tidur terdiri dari 6 TT di ruang perawatan dan 4 TT di ruang VK.
HARM REDUCTION (HR)
Layanan HR bertujuan untuk mengurangi dampak buruk pada para pengguna narkoba suntik, seperti penularan HIV/AIDS akibat penggunaan jarum suntik tidak steril.
PUSKESMAS KELILING (PUSLING)
Pusling di Kecamatan Palmerah dilaksanakan 2x seminggu yaitu pada hari Selasa: KBS RW 09 pukul 09.000 s/d 12.00 WIB dan pada hari Kamis: KBU RW 05 pukul 09.00 s/d 12.00 WIB.

FASILITAS PENUNJANG PUSKESMAS KECAMATAN PALMERAH
Berikut ini adalah fasilitas penunjang yang dimiliki Puskemas Kecamatan Palmerah:

APOTEK
Puskesmas Kecamatan Palmerah menyediakan apotek dalam kawasan puskesmas untuk melayani pasien yang membutuhkan obat.
LABORATORIUM SEDERHANA
Laboratorium sederhana Puskesmas Kecamatan Palmerah digunakan untuk mendukung proses deteksi maupun diagnosa keluhan kesehatan pasien.
RUANG MENYUSUI
Ruang menyusui disediakan bagi ibu ingin menyusui bayinya saat melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Palmerah.
RUANG BERMAIN ANAK
Ruang bermain anak disediakan untuk anak-anak yang dibawa ke Puskesmas Kecamatan Palmerah untuk pemeriksaan kesehatan, yang bertujuan untuk membantu menghilangkan rasa bosan atau takut si anak.
AMBULANCE
Ambulance yang disediakan oleh Puskesmas Kecamatan Palmerah melayani permintaan transportasi darurat dari masyarakat selama 24 jam, yang dapat dilakukan melalui (021) 5483693. Informasi biaya dapat diminta saat melakukan pengajuan penggunaan ambulance. Saat ini tersedia 2 unit mobil ambulance yang bersiaga.

Di hari-hari tertentu puskesmas ini menyediakan senam hamil, senam lansia dan senam jantung dengan jadwal Senam Ibu Hamil setiap hari Selasa pukul 07.30 s/d 09.00 WIB; Senam Lansia setiap hari Selasa pukul 06.00 s/d 08.00 WIB dan Senam Jantung Sehat setiap hari Jumat pukul 06.00 s/d 08.00 WIB. Puskesmas Kecamatan Palmerah juga memberikan edukasi berupa penyuluhan kesehatan dan memberikan sharing tanya jawab kepada masyarakat di sekitar lokasi puskesmasnya.

Puskesmas Kecamatan Palmerah memiliki tim Gugus Kendali Mutu (GKM) Semut. GKM Semut ini telah mendapatkan beberapa penghargaan dalam perlombaan yaitu:

  1. Mendapatkan GOLD MEDAL di Tingkat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Tahun 2012
  2. Mendapatkan Juara I Lomba Yel-Yel Tingkat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Tahun 2012
  3. Mendapatkan GOLD MEDAL di TKMPN XVI Tahun 2012 di Lombok NTB
  4. Mendapatkan Juara II di Tingkat Walikotamadya Jakarta Barat Tahun 2014
  5. Mendapatkan Juara I Lomba Yel-Yel Tingkat Walikotamadya Jakarta Barat Tahun 2014

Puskesmas Kecamatan Palmerah sendiri telah meraih beberapa prestasi diantaranya:

  1. Tahun 2012 Juara I se-Jakarta Barat tenaga teladan Nutrisionist
  2. Tahun 2012 Juara II se-Jakarta Barat Dokter Umum teladan
  3. Tahun 2012 Juara III se-DKI Jakarta tenaga Nutrisionist
  4. Tahun 2012 Juara I se-DKI Jakarta Posyandu terbaik
  5. Tahun 2012 Juara II se-Jakarta Barat PHBS RW 02 Palmerah
  6. Tahun 2012 Juara I se-Jakarta barat Lomba Senam Lansia dalam rangka HALUN
  7. Tahun 2012 Juara II se-Jakarta Barat Lomba Cerdas Cermat Lansia dalam rangka HALUN
  8. Tahun 2012 Juara Harapan II se-Jakarta Barat Paduan Suara Lansia dalam rangka HALUN
  9. Tahun 2012 Juara I se-Jakarta Barat Lomba Senam Jantung Sehat
  10. Tahun 2012 Juara II se- DKI Jakarta Lomba Cerdas cermat BPKJ
  11. Tahun 2012 Juara III se-DKI Jakarta Lomba Paduan Suara BPKJ
  12. Tahun 2012 Juara III se-DKI Jakarta Lomba SJS seri 3 kategori 45th  BPKJ
  13. Tahun 2013 Juara II se-DKI Jakarta Lomba SJS beregu kategori 56th HUT IPKJS
  14. Tahun 2013 Juara III se-DKI Jakarta Lomba SJS beregu kategori 41-55th HUT IPKJS ke XXIII
  15. Tahun 2013 Juara I se-Jakarta Barat Lomba Senam Jantung Sehat seri 3
  16. Tahun 2013 Juara II se-Jakarta Barat Lomba Senam Lansia
  17. Tahun 2014 Juara II se-Jakarta Barat RW 07 KBS bebas jentik
  18. Tahun 2014 Juara II se-Jakarta Barat  RW 07 PHBS KBU
  19. Tahun 2014 Juara II se-DKI Jakarta penyuluhan SGH Pramuka
  20. Tahun 2014 Juara III se-DKI Jakarta menyusun menu SGH pramuka
  21. Tahun 2014 Juara I se-DKI Jakarta Ibu Hamil Hebat Keluarga Sehat
  22. Tahun 2014 Juara I se-DKI Jakarta Kader Kesehatan Ibu dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN)