NETTY HERAWATY

Aktris dan penyanyi, lahir di Surabaya 4 April 1930. Sudah terjun ke panggung sandiwara sejak 1943, tergabung dalam group Irama Masa yang dibentuk Jepang (Djawa Eiga Haikyusha) dan mengadakan pertunjukan keliling Jawa dan Sulawesi. Setelah Proklamasi Kemerdekaan, bersama Darussalam, suaminya, membentuk group sandiwara Trimurti yang berlokasi di Gombong sebagai basisnya dan berkeliling Jawa Tengah untuk mengobarkan sema [removed][removed] ngat perjuangan rakyat dalam perjuangan menentang penjajah Belanda. Kemudian bergabung dalam group Bintang Surabaya pimpinan Fred Young dan berkeliling daerah yang dikuasai Republik. Kembali ke Yogyakarta tahun 1947, bergabung dengan Bintang Timur yang dibentuk Djamaluddin Malik.

Kemudian terjun ke film melalui Bintang Surabaya Film Coy dengan film pertamanya, Saputangan, sebagai pemeran pembantu dan menjadi pemeran utama dalam film Jembatan Merah, Selamat Berjuang Masku, Damarwulan dll. Di Bintang Surabaya menyelesaikan 8 judul film dan kemudian pindah ke Persari Film Coy, yang baru dibentuk Djamaluddin Malik di tahun 1950. Di sini ia benar-benar tampil sebagai seorang super star bersama Rd. Mochtar. Sekitar 50 film yang telah dibintanginya selama di Persari, termasuk dua film yang diproduksi di Manila dan terkenal karena merupakan film Indonesia pertama yang dibuat dalam teknik tata warna. Kedua film itu masing-masing Redrigo de Villa (Legenda Spanyol) dan Leilani (Legenda Hawaii), keduanya dibuat tahun 1952.

Tahun 1966 dalam film Di Balik Cahaya Gemerlapan, memperoleh penghargaan Aktris Pendukung Terbaik dalam Pekan Apresiasi Film Indonesia 1967 di Jakarta. Tahun 1972, membentuk group sandiwara komedi "Senyum Jakarta" di mana tergabung artis tua seperti Tan Tjeng Bok dan Fifie Young. Dan sering tampil di TVRI Stasiun Pusat Jakarta sejak 1972. Di zaman keemasannya sebagai bintang pernah dinobatkan sebagai Bintang Favorit (1954) dan Bintang Populer (1955). Kongres Persatuan Artis Film Indonesia 1981 di Jakarta menetapkan sebagai Aktris Teladan di samping Menzano sebagai Aktor Teladan.