KONGRES PEMUDA INDONESIA

Pertemuan kaum pemuda Indonesia yang diselenggarakan para pengurus berbagai perkumpulan pemuda yang ada waktu itu.Kongres Pemuda Indonesia I (Jakarta, Mei 1926): bertujuan mendirikan gabungan perkumpulan pemuda sebagai wujud cita-cita kesatuan bangsa Indonesia. Pada waktu itu perkumpulan pemuda di Indonesia pada umumnya masih berasaskan kedaerahan. Sebagai realisasi kongres itu, Jong Java berusaha memprakarsai fusi berbagai perkumpulan pemuda menjadi satu federasi.

Kongres Pemuda Indonesia II (Jakarta, 26-28 Oktober 1928): dipimpin oleh Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (pppn, diketuai oleh Soegondo Djodjopoespito. Kongres Pemuda Indonesia II dihadiri oleh wakil-wakil organisasi kepemudaan yang ada pada waktu itu, seperti PPPI, Jong Java, Jong Sumatera Bond, Jong Islamieten Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Jong Batak bond, Pemuda Kaum Betawi, dll. Kongres juga dihadiri sejumlah tokoh politik termasuk Soekarno, Sartono, Sunaryo. Kongres ini dipimpin oleh Soegondo Djojopuspito dari PPPI.

Kongres ini pada prinsipnya menyetujui peleburan perkumpulan pemuda dalam suatu federasi, tetapi pelaksanaan pendirian federasi tersebut belum dapat dilakukan pada saat itu. Dalam kongres ini pula para pemuda menyatakan kebulatan kesadaran bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu (Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928); untuk pertama kali diperdengarkan lagu Indonesia Raya karya W.R. Supratman secara resmi dan diakui sebagai lagu kebangsaan. Selain itu, mereka juga sepakat untuk menerima bendera Merah Putih sebagai bendera persatuan.