Komodo, Museum

 

Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil atau yang dikenal dengan sebutan Museum Komodo merupakan salah satu museum yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 2978. Museum ini didirikan di atas lahan 10.120 m2 dengan luas bangunan 1.500 m2, dibangun mulai tanggal 1 Oktober 1975 sampai dengan 1 Juli 1976. Bangunan museum ini sangat unik, karena berbentuk Komodo yang berukuran 72x35x19,75m. Komodo dikenal sebagai salah satu jenis reptil purba dari Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Luas ruang pameran museum ini 1.500 m2.

Museum Komodo memamerkan sekitar 150 binatang yang sudah di awetkan di ruang-ruang kaca. Pameran keanekaragaman fauna dari kepulauan Nusantara ini disajikan berdasarkan kelompok persebarannya, yakni dari daerah barat ke timur dan dari pantai ke pegunungan. Dari barat ke timur menunjukan persebaran hewan dari Sumatera sampai Papua, sedangkan dari pantai ke pegunungan menunjukan habitatanya, yakni tempat dimana satwa tersebut hidup.

Koleksi museum ini terbagi atas dua lantai, lantai I menampilkan jenis-jenis binatang mamalia dan reptilia lengkap dengan kondisi alamnya. Binatang yang ditampilkan di tempat ini merupakan jenis-jenis yang kini nyaris punah seperti harimau, gajah, dan beruang. Selain itu, di dalam vitrin-vitrin disajikan bermacam-macam kupu-kupu yang terdapat di bagian barat sampai dengan bagian timur. Berjenis-jenis keong dan kerang, kepiting serta udang dipamerkan mewakili kekayaan fauna laut. Di sudut lain juga dipamerkan binatang beruas seperti kaki seribu, laba-laba dan kalajengking. Koleksi lantai II museum ini menampilkan berjenis-jenis burung yang diopset dan ditata sesuai dengan habitatnya, meliputi yang hidup di laut, pantai, rawa, persawahan, lapangan, perkebunan, dasar rimba, hutan, dan pegunungan dengan daerah asal Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Selain ruang koleksi, museum ini juga memiliki tempat untuk pemutaran film.

 

Alamat: 

Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (13560 )

Telp.     :  (021) 8779096

Faks.    : (021) 8409281