KOKO,RUMAH

Bentuk rumah tradisional di Kemayoran. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kayu, genteng, pager, dan bambu. Tiang kayu dibuat dan potongan kayu dan diberi lubang dengan jarak 3 rn sehingga nantinya rumah akan berukuran sekitar 7x9 m2.

Tanah tempat rumah didirikan kemudian diukur dan diurug setinggi 15 cm. Pada setiap jarak 3 m diberi umpak berbentuk batu persegi empat dan umumnya lebih besar dari pada tiangnya. Untuk umpak yang besarnya sarna dengan tiang, dipendam dalam tanah kira-kira 10 cm. Setelah umpak dipasang, baru tiang rumah satu per satu didirikan. Kernudian dipasang bubungan, kaso-kaso dari kayu, reng dari bambu, genteng, jendela depan yang disebut jendela bujang, pintu depan dan belakang (biasanyapintu dibuat dari pintu nangka), dan pagar dari anyaman kayu.

Pagar rumah dikapur sedang pintu dan jendela diprenis dengan malam. Untuk lantai hanya disiram air dan disebari dengan serbuk dari gergajian lalu disapu sampai bersih. Bagian depan pintu dipasang langkan dari kayu berbentuk balang-balang di sebelah kiri. Sedang bagian kanan dan tengah dibiarkan kosong.