KOHLER, JHR

Kohler adalah panglima tertinggi militer dengan pangkat Mayor Jenderal yang ditugaskan pada Ekspedisi ke Aceh dan sebelumnya menjadi komandan (Panglima) daerah militer Sumatra Barat. Untuk tugastugas berat, Kohler selalu dipercaya Gubernur Jenderal Jongker Mr. James Lou dan karena keberanian dan kegigihannya, yang selalu suka berdiri sendiri. Dimulai dari peristiwa-peristiwa masa pemberontakan Belgia, dia sudah turut berjuang sebagai kopral.

Di dalam ketentaraan KNIL, dia secara berangsur dapat mencapai pangkat kolonel, dan untuk ekspedisi ke Aceh pangkatnya dinaikkan menjadi Mayor Jenderal. Adalah tindakan militer yang terbesar baginya di antara segala pengabdiannya dalam ketentaraan. Dan yang menjadi Panglima Tertinggi yang kedua adalah Kolonel EC Van Daalen, dia adalah keturunan Belanda kelahiran Indonesia. Kohler dan Van Daalen dengan cepat mengumpulkan angkatan bersenjata sebanyak liga batahon, yang diambil dari kola-kala seluruh Jawa, ditambah satu batalion "Barisan Madura", sebagai cadangan untuk ekspedisi ke Aceh, namun karena kurang perencanaan ternyata sasaran penye· rangan meleset. Yang rencana semula menyerang kraton Sultan Aceh, ternyata digencar tembakan oleh KNIL hingga terbakar dan menimbulkan korban jiwa yang cukup banyak baik pihak musuh maupun masyarakat Aceh.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama akhirnya Kohler dan pasukannya sempat menguasai mesjid namun karena sudah lelah selama peperangan, Kohler memerintahkan pasukannya untuk istirahat dengan meninggalkan masjid untuk sementara, tetapi dalam satu hari itu juga masyarakat Aceh dengan segera menduduki masjid secara serempak namun tiga hari berikutnya Kohler dengan pasukan mengempur kembali masjid sehingga perang berkecamuk lagi. Pada saat itu Kohler tertembak pada dadanya dan gugur seketika yaitu tanggal 14 April 1873. Sayang penggantinya Kolonel Van Daalen sama sekali tidak mempunyai warisan rencana pertempuran yang ditinggalkan oleh Kohler sehingga penyerangan tidak dapat dilanjutkan lagi dan akhirnya pasukan KNIL mundur dari Aceh. Prasasti makam Asli JHR Kohler dan kerangkanya berada di Banda Aceh tepatnya di Kerkof Aceh, saal pembongkaran tahun 1975. Sedangkan duplikat prasastinya sendiri dibuat tahun 1989 oleh Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta dalam hal ini Museum Taman Prasasti.