Kesenian Jakarta, Institut

Lembaga pendidikan yang berdiri pada tanggal 3 Mei 1982. Institut Kesenian Jakarta (IKJ) adalah jelmaan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) yang berdiri pada tanggal 26 Juni 1970 berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta. LPKJ merupakan proyek utama Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) berdasarkan Pedoman Dasar Organisasi Pusat Kesenian Jakarta yang ditetapkan dengan SK Gubernur DKI Jakarta tanggal 25 Juni 1976.

IKJ diselenggarakan sesuai dengan ketentuan Departemen Pendidikan & Kebudayaan RI. Pengelolaan IKJ memenuhi persyaratan Undang-undang perguruan Tinggi No. 22 tahun 1961 dan dilakukan oleh Yayasan IKJ. IKJ tidak hanya menjadi wilayah pendidikan kesenian saja, tetapi juga pusat kesenian. IKJ tidak semata-mata menjadi wadah pembinaan bakat dan keterampilan seni, tetapi juga wadah pertukaran, penelitian, penjelajahan dan pengembangan kesenian. IKJ merupakan sarana dalam meneiptakan kondisi budaya, khususnya Jakarta.

IKJ mempunyai dua fakultas, yaitu (I) Fakultas Kesenian: Jurusan Musik, Jurusan Tari, dan Jurusan teater; dan (2) Fakultas
Seni Rupa dan Desain: Jurusan Seni Rupa dan Jurusan Sinematografi. Program Pendidikan yang diselenggarakan berupa program diploma dan sarjana (S I). Program pendidikan SI menekankan pembentukan keahlian akademik, sedang program pendidikan diploma menekankan pembentukan keahlian profesional kesenimanan. IKJ dipimpin oleh rektor yang dipilih oleh Serrat Institut Kesenian Jakarta dalam masa bakti empat tahun. Rektor masa bakti 1987-1991 dipegang oleh R.M. Slamet Danudirdjo. Sejak 2005 rektor IKJ dipegang oleh Prof. Sardono W.Kusumo.