KERATON AT THE PLAZA, HOTEL

Hotel Keraton at The Plaza, a Luxury Collection Hotel Jakarta
Alamat Jl. MH. Thamrin Kav 15, Jakarta 10350 Indonesia
Telepon 62 21 506 80000
Fax 62 21 506 89999
Email luxurycollection.keraton@luxurycollection.com
Website http://www.keratonattheplazajakarta.com
Blackberry Messenger 2a6ea8eb
WhatsApp +628119527798
Fasilitas dan Layanan Hotel Bengawan Restaurant, Keraton Lounge, In Room Dining Service, Kolam Renang Indoor, Pusat Kebugaran 24 Jam, Business Center, Keraton Spa, Ruang Meeting Eksekutif, Lugage Liasion, Newspaper Direct, The Luxury Collection Concierge, Butler Service, Wi-Fi
Kelas Bintang 5
Jumlah Kamar 140 Kamar

Data Per 2015

lux3635ex-126212-Hotel viewed from Thamrin.jpgKeraton at The Plaza, berlokasi di kawasan bisnis Thamrin di wilayah kotamadya Jakarta Pusat. Hotel ini berjarak sangat dekat dengan ikon kota Jakarta ‘Patung Selamat Datang’, kantor pemerintahan, kantor pusat perusahaan, atraksi utama budaya, museum, serta terhubung dengan pusat hiburan dan perbelanjaan mewah Plaza Indonesia. Keraton at The Plaza memiliki 51 lantai yang terdiri dari lantai 1 – 22 untuk hotel, dan lantai 23 – 51 untuk private residences.

Keraton at The Plaza merupakan salah satu boutique hotel dengan kelas bintang 5 dari brand The Luxury Collection. The Luxury Collection memberikan pengalaman unik, otentik dan kenangan berharga bagi tamu yang menginap di tempatnya. Pada setiap hotel dan resort dari The Luxury Collection menghargai lokasi, pesona adat dan budaya setempat di mana hotel itu berada. Ini dapat terlihat pada megahnya dekorasi, pengaturan yang spektakuler, layanan yang sempurna dan kenyamanan modern terbaru, sehingga menimbulkan pengalaman yang kaya kepada setiap tamu. Keraton at The Plaza berada di bawah naungan Starwood Hotels & Resorts Worldwide, Inc.  

Sebagai salah satu ciri penghargaan terhadap lokasi tempat sebuah The Luxury Collection berada, penamaan kata ‘Keraton’ pada hotel ini juga terwujud dari inspirasi kata ‘Istana’ dalam bahasa Jawa. Tak hanya itu, bahkan keragaman geografis dan budaya Indonesia, memberi sentuhan pada hampir seluruh ruang di hotel. Melalui warna-warna khas Indonesia di setiap sudut, gambaran atas hutan Indonesia yang kaya, pola bunga Batik yang membutuhkan keahlian khusus untuk menggambarkannya dan ada di hotel ini.

Dalam mencipta desain dan interior hotelnya, Keraton at The Plaza dibantu desainer interior professional diantaranya oleh SCDA Singapore, BuregaFarnell Pte. Ltd. dan Grahacipta Hadiprana. Karya seni bernuansa Indonesia yang menghiasi desain dan interior hotel ini terlihat dimulai dari pintu masuk hingga kamar timur tamu, di mana juga tamu dapat menemukan koleksi eklektik seni dan galeri khusus yang dikuratori oleh Hadiprana artworks dan seniwati Mira Hadiprana di hotel ini.

Artgalleryinhotelhallway.jpg BatikKawungpatternthrough-outthehotel.jpg 

Ukiran khas jawa dari kayu mahoni dari hasil pekerjaan tangan dihiasi oleh warna emas ditampilkan pada porte-cochere menggambarkan sambutan dari kerajaan ini dikembangkan oleh SCDA Singapore dan BuregaFarnell Pte. Ltd. Kemudian di pintu masuk utama hotel dari jalan Thamrin, tamu dapat melihat motif Batik Kawung, di mana dalam sejarahnya adalah salah satu motif khusus yang dipakai oleh keluarga kerajaan di Jawa. Motif ini ditampilkan di kedua sisi jalan masuk menuju ke lobi utama. Saat tamu masuk ke dalam lobi, maka akan terlihat lampu kristal Bunga Kawung yang menggantung setinggi 2,5 meter di langit-langit lobi yang merupakan karya Grahacipta Hadiprana. Di mana gaya tradisional berpadu pada keanggunan yang sederhana. Pada latar belakang utama lobi hotel ditampilkan karya seni Batik Kawung dari lantai hingga langit-langit, serta dihiasi oleh patung Pusaka Kacumas di setiap sudutnya.

 Keratonlounge.jpg 

 lux3635ex-126223-Lobby Ent copy.JPG 

Pada ruang Keraton Lounge interiornya pun bernuansa tradisi Jawa, cetakan ukiran Jawa dengan kayu yang kokoh, bergaris anggun dan halus pada furniturnya, sofa yang empuk mewah, dekorasi dinding berbingkai dan tirai kain yang elegan. Di meja concierge dan resepsionis yang terletak di lobi utama terdapat patung tarian selamat datang khas Jawa yang dirancang oleh Grahacipta Hadiprana. Di ruang pusat bisnis, tamu dapat menemukan Keraton Scrool yang terinspirasi oleh naskah Kerajaan Jawa Kuno, dan berbagai karya seni yang disebut “Nusantara Negara Kepulauan” yang ditampilkan pada ruang meeting eksekutif yang menampilkan karya dari Papua, Padang, Toraja, Jawa, Bali dan Batak. Karya Grahacipta Hadiprana ini termasuk lampu Pusaka Kandil, karya seni pada kolam berjudul Pohon-Sun-Angin, dan motif Batik Parang yang mewakili empat unsur alam: air, api, udara, dan bumi yang ditampilkan di sepanjang koridor yang berada di bawah, yang disebut Galeri Zone.

KolaseLobby2.pngKolaseLobby1.pngPada lobi residensial terdapat dua patung, The Guardian dan Telabang. The Guardian terinspirasi oleh Mandau, senjata tradisional khas Kalimantan dan simbol keamanan, untuk menjaga pintu gerbang menuju kamar. Telabang adalah perisai perang yang digunakan dalam tradisi Kalimantan. Sebuah cermin juga ditampilkan di lobi residensial dan dirancang menggunakan Tenun Ikat asli dari Kalimantan. Karya seni dinding dan aksesori yang menggambarkan Candi Borobudur motif, dan Batik Kawung menciptakan suasana adat di lobi ini.

Semua kamar dan suite di Keraton at The Plaza dirancang oleh BuregaFarnell Pte Ltd, pemenang penghargaan landskap dan konsultan interior yang berbasis di Singapura dengan konsep karya seni dirancang oleh Grahacipta Hadiprana, konsultan desain Indonesia. Melalui karya-karya desain kolaboratif Grahacipta Hadiprana dan BuregaFarnell, elemen desain yang mewakili Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi yang kreatif diterapkan pada setiap kamar tamu dan suite. Dekorasi transisi mencakup kenyamanan desain tradisional dan terlihat dari gaya desain modern, menciptakan nuansa 'rumah' dari rasa kenyamanan dan relaksasi. Pemberian rasa nyaman dan relaks di tengah kota Jakarta membuat Keraton at The Plaza pernah terpilih menerima tamu dari tim kesebelasan Arsenal Football Club & Chelsea Football Club untuk menginap di hotelnya.

Keraton Suite, dirancang untuk menampilkan masing-masing tujuan yang memberi rasa nyaman kepada tamunya tersebut. Suite yang terinspirasi dari budaya Jawa membuat tamu hotel ingin mengeksplorasi karya seni bunga khas Jawa yang unik dipasang di dinding dengan motif Bunga Parang dalam enam lapisan. Karya seni Jawa "Pohon Kehidupan" yang dipamerkan di ruang suite ini terbuat dari emas-hitam dan silver metal-hitam, sementara karya seni Batik menghiasi runner tempat tidurnya.

Kalimantan Suite, didasarkan pada palet oranye terakota. Para tamu akan memulai perjalanan untuk mengalami budaya Kalimantan (Borneo), salah satu pulau terbesar di Indonesia, dengan menikmati karya-karya seni yang indah menyoroti batik dengan karakter khas Kalimantan-menampilkan berulang-ulang, pola geometris dan maskulin yang berani. Gaya Kalimantan dari "Pohon Kehidupan" karya seni yang terbuat dari logam emas terakota dipamerkan di ruang suite ini.

   Room.png   

Sumatera Suite, menyerap sentuhan tekstil Sumatera, bernama "Songket". Songket memiliki gaya motif geometris dengan banyak variasi pola. Pola yang rumit dan rinci dengan benang emas dan warna cerah membuat mereka terlihat elegan dan kaya. Karya seni yang unik yang dipasang di ruang tamu terinspirasi oleh Songket Sumatera, bentuk simetris sederhana pola dan "Pohon Kehidupan" dengan ornamen yang terinspirasi oleh rumah adat, bernama "Rumah Gadang” dari budaya Sumatera Barat (Padang) yang indah.

Sulawesi Suite,dihiasi dengan warna biru, mewakili warna tujuan ini. Unsur-unsur yang unik ditampilkan dalam suite ini diambil dari salah satu suku paling terkenal di Sulawesi, Toraja. Rumah tradisional yang terkenal Toraja disebut "Tongkonan" dan pola yang unik ditemukan di sini masing-masing memiliki arti sendiri. Karya seni di ruang tamu terinspirasi oleh pusaran dan matahari ukiran di rumah Tongkonan itu. Pola swirl merupakan harapan suku untuk keluarga untuk tumbuh besar dan kuat seperti pohon besar. Pola pusat lingkaran disebut pa'barre allo, berarti matahari dan bulan sebagai sumber kehidupan. Ini adalah salah satu pola tertua ke Toraja. Karya seni "Pohon Kehidupan" di suite ini juga terinspirasi oleh motif Toraja.

 room2.png 

Keraton at The Plaza memiliki 140 kamar tamu yang mewah dan luas dengan jenis kamar Grand Deluxe, Executive Grand Deluxe, Junior Suite, Executive Junior Suite, Keraton Suite dan Executive Keraton Suite. Hotel ini juga dilengkapi  dengan restoran dan lounge kelas dunia, ruang rapat eksekutif mewah, pusat kebugaran 24 jam di lantai 7, kolam renang dalam ruangan di lantai 7 dan fasilitas spa mewah. Akomodasi termasuk layanan butler 24 jam, akses Wi-Fi gratis di seluruh area hotel, koran pagi gratis, sambutan secara personal, layanan menginap tambahan dan layanan YourOwnTime™, layanan check-in atau check-out lebih awal yaitu dari pukul 07:00 hingga 22:00 WIB yang dijamin tanpa biaya tambahan. Pada 140 kamar tersebut tersedia fasilitas dan layanan yang diberikan diantaranya berupa tempat tidur dengan Signature Luxury Collection, slippers, jubah mandi, hairdryer, shower, sewing kit, perlengkapan kamar mandi dari Luxury Collection, IDD, TV flat screen 42”, komplemen air minum botol,  mini bar, layanan makan di kamar 24 jam, Ipod docking stations, satelite television channels, wireless high speed internet, housekeeping service, pembersih sepatu, payung, vallet service, wake up service, setrika serta meja setrika (melalui permintaan). Event besar berskala internasional juga pernah diselenggarakan di Keraton at The Plaza, seperti ‘Young Presidents Organization – World Presidents Organization’ (YPO-WPO) Forum Training pada tanggal 13-16 November 2014.

Bengawan Restaurant adalah restoran hotel di Keraton at The Plaza di lantai 7 yang menyajikan International Buffet juga menyajikan menu spesial masakan Mexico karya Chef Lamberto Valdez Lara yang berbeda, namun familiar dengan cita rasa Indonesia. Sedangkan Keraton lounge yang berada di lantai yang sama dengan lobi, menyajikan ruang yang elegan untuk menikmati Classic english, Traditional Indonesian dan Godiva Allure afternoon tea setiap siang harinya. Pada malam harinya Keraton Lounge menyajikan  classic cocktails, wine berkelas internasional dan beberapa minuman yang terinspirasi dari minuman lokal.Keratonlounge2.png

Untuk mendukung kenyamanan tamu hotel, Keraton at The Plaza memiliki Keraton Spa yang memberikan layanan spa premium bagi tamu hotel yang ingin mendapatkan sensasi penyegaran kembali dan relaksasi tubuh melalui perawatan oleh therapist handal Keraton Spa dengan menggunakan bahan berkualitas. Beberapa perawatan tubuh tersebut di Keraton Spa terinspirasi dari makna dan filosofi di balik motif Batik.

 Facility.png 

Facility2.png

Keraton at The Plaza yang berada di bawah naungan group Starwood ini memiliki klub keanggotaan yang bernama SPG. SPG (Starwood Preferred Guest) sendiri adalah program membership dari jaringan hotel Starwood yang menawarkan pengalaman, hadiah, dan pengakuan luar biasa ke mana pun tamu anggota bepergian. Anggota memiliki keuntungan eksklusif dan pilihan hadiah yang fleksibel untuk pilihan liburan. Semua ini tersedia bersama dengan keuntungan tambahan. Anggota juga dapat menikmati hadiah di seluruh sembilan merek hotel terkemuka termasuk Sheraton® Hotels & Resorts, Four Points® oleh Sheraton Hotels, Aloft®, W® Hotels, Le Méridien®, The Luxury Collection®, ElementSM, Westin® Hotels & Resorts, dan St. Regis® Hotels & Resorts, lebih dari 1200 hotel dan resort yang berpartisipasi di seluruh dunia.

Dalam mendukung kepedulian sosial di lingkungan sekitar lokasi hotel, Keraton at The Plaza pernah melakukan santunan ke panti asuhan, panti jompo, dan rumah singgah untuk anak-anak jalanan, serta membangun rumah untuk masyarakat yang tidak mampu. Dalam satu tahun, pihak hotel selalu berusaha memberikan layanan sosial ini selama 4 kali.                                   

Berikut beberapa award yang pernah didapat oleh Keraton at The Plaza:

  • Certificate of Excellence by Tripadvisor – 2013
  • Certificate of Excellence by Tripadvisor – 2014
  • The Best New Hotel by Condé Nast Traveler – 2013
  • The Best New Hotels Resorts in Asia Pacific by The Luxe – 2012