KENANGA, CIDENG, RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kenanga, Cideng Jakarta Pusat

Alamat Jalan Tidore RT 02/05, Kelurahan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat
Lat/Long -6.167384,106.807478
Luas Lahan 1.653 m
Peresmian 30 Mei 2015

 

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kenanga, yang berada di Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat ini merupakan salah satu dari RPTRA yang ada di Provinsi DKI Jakarta. RPTRA Kenanga merupakan ruang terbuka hijau yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai lansia.

kenanga 2RPTRA Kenanga, Cideng diresmikan pada malam hari, tanggal 30 Mei 2015 oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama didampingi oleh Ibu Veronica Tan, Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta. Sengaja diresmikan pada malam hari, karena pihak Pemprov DKI Jakarta ingin menunjukan pada masyarakat bahwa taman ini juga layak digunakan pada malam hari. Dengan dihiasi lampion di malam hari menjadi pembeda RPTRA Kenanga dengan RPTRA lainnya.

kenanga 3RPTRA ini dibangun melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bersama antara pihak Pemprov DKI Jakarta dengan pihak swasta. RPTRA Kenanga, Cideng dikelilingi oleh pagar berukuran 1,5 meter dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti lapangan futsal, arena bermain anak, PKK Mart, mushola, ruang laktasi, posyandu, perpustakaan, dua buah toilet untuk anak dan orang dewasa dan disabilitas, serta penambahan ruang sekretariat karang taruna dan saung untuk bersantai. Masyarakat dapat menikmati fasilitas ini hingga pukul 24.00.

Setiap RPTRA memiliki desain dan fasilitas yang berbeda. Tetapi mayoritas RPTRA memiliki fasilitas seperti taman bermain, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ruang serbaguna, dan klinik kesehatan.

Untuk memperindah taman di RPTRA Kenanga, ditanam juga beberapa pohon dan tanaman hias, seperti Palem Merah (Cyrtostachys lakka), tinggi 2-3 m, diameter 5-10 cm sebanyak 390 pohon,  Kamboja Bali (Plumeria rubra), tinggi 3-4 m, diameter 8-10 cm sebanyak 10 pohon, Pisang-pisangan (Heliconia sp), tinggi 0,5-1 m sebanyak 200 pot, Melati gambir (Jasminum officinale), tinggi 0,2-0,5 m sebanyak 700 pot, Pucuk merah (Syzygium campanulatum) tinggi 0,5-1 m, diameter 1-3 cm sebanyak 100 pot, Rumput gajah mini sebanyak 200 m2, dan sesuai dengan nama RPTRA ini yaitu RPTRA Kenanga, ditanamlah Pohon Kenanga tinggi 0,5-1 m sebanyak 5 pohon.