Kemayoran, Puskesmas Kecamatan

 

 

Puskemas Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat

 

Alamat

Jalan Serdang Baru 1, Rt.005/006 Kelurahan Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat

Telepon

021- 4251018 (central) /42801847/4244277 (Ruang Bersalin)

Fax

021- 42801846

Email

siagakemyrn@ymail.com

Layanan Pengaduan/ Saran

SMS 08159292171

Kepala Puskesmas

Drg. Suzy Freud

Jumlah Dokter

29

Jumlah Perawat/Para medis/Apoteker dan lainnya.

78

Layanan/ Fasilitas

Poli Umum, Poli Gigi, Poli KIA, Poli KB, Poli MTBS, Poli PKPR, Poli Gizi, Poli Lansia-PTM, Poli PTRM/Metadone, Poli IMS-Kasih, Poli TB-Paru, Poli HR-VCT, Poli Jiwa, Poli Sanitasi, Ruang Konsultasi Obat, Rumah Bersalin, Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji, Layanan IGD 24 Jam, Rawat Inap, Loket pendaftaran, Pojok Informasi, Layanan Pusling, Ruang bermain anak, Apotek, Laboratorium, Rontgen/ Radiologi.

Data Per Oktober 2014

Puskesmas Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, secara administratif berada di Kelurahan Serdang – Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat diatas lahan seluas 2.430 m2 dengan luas 1.361 m2. Puskesmas ini dibangun pada  tahun 1984, kemudian direnovasi pada tahun 2013/2014. Saat ini Puskesmas Kecamatan Kemayoran memiliki gedung dengan 3 lantai. Ketiga lantai ini terdiri dari beberapa layanan dan fasilitas yang disediakan oleh pihak  Puskesmas Kecamatan Kemayoran. Pada lantai 1 Puskesmas ini terdiri dari loket pelayanan/pendaftaran pasien, pelayanan UGD 24 Jam dengan ambulans siaga sebanyak 4 buah kendaraan, Poli PTM – Poli Lansia/geriatri yang melaksanakan senam sebulan sekali setiap Jumat minggu pertama, Poli PTRM, Rumah Bersalin (RB), Radiologi, Poli TB. Paru, Ruang Pemeriksaan Kesehatan Haji; pada lantai 2 terdiri dari Poli Gizi – Poli Jiwa,  Poli MTBS,  Ruang Tindakan,  Poli Umum, Kasir – Informasi,  HR- VCT, Poli Gigi,  Poli PKPR, EKG- PAL, Poli IMS, Poli KIA, Poli KB, Apotek,  Laboratorium (lab),  Rawat Inap, Klinik Sanitasi, Konsultasi Obat; pada lantai 3 digunakan ruang manajemen Puskesmas Kecamatan Kemayoran, ruang program, ruang kepengurusan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), ruang rapat,  aula, ruang arsip, mushola dan gudang obat. Pada ruang rawat inap Puskesmas Kecamatan Kemayoran ini terdapat 3 ruang yang diperuntukkan pasien perempuan (Ruang Mawar) berisi 6 tempat tidur, pasien laki-laki (Ruang Rajawali) berisi 4 tempat tidur dan untuk pasien anak-anak (Ruang Doraemon) berisi  3 tempat tidur.

Puskesmas ini mempunyai visi menjadikan Puskesmas Kecamatan Kemayoran sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar yang bermutu dan profesional tahun 2015. Sedangkan misinya yaitu mengembangkan kualitas pelayanan dan program sesuai dengan standar mutu, mengembangkan SDM yang professional dan berkualitas, mengembangkan sistem manajemen Puskesmas, mengembangkan sarana dan prasarana pelayanan Puskesmas, mengembangkan upaya kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan dan menggalang kerjasama dengan mitra strategis. Puskesmas Kecamatan Kemayoran mempunyai nilai organisasi diantaranya disiplin, professional, tanggung jawab, kebersamaan, kerjasama dan keindahan. Puskesmas Kecamatan Kemayoran mempunyai motto bahwa kesembuhan dan kenyamanan pasien merupakan kebahagiaan bagi pihak Puskesmas. Puskesmas Kecamatan Kemayoran berjanji untuk memberikan layanan IDAMAN (singkatan dari Inisiatif, Disukai, Amanah, Manusiawi, Andalan Masyarakat dan Nyaman). Untuk meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik, setiap pagi sebelum melaksanakan tugas para pegawai puskesmas diberi arahan, transfer ilmu antar karyawan, tim 3R (Ringkas, Rapih dan Resik) yang mengawasi lingkungan kerja, juga terdapat pengawasan terhadap kinerja dan keuangan BLUD oleh dewan yang mengawasi setiap kegiatan puskesmas ini.

Puskesmas ini juga telah memiliki Tim Siaga Kemayoran yang menerima dan menindaklanjuti kritik dan saran untuk pelayanan yang lebih baik, baik menggunakan SMS 08159292171 maupun email siagakemyrn@ymail.com. Tim Siaga ini juga melakukan kunjungan rumah bagi pasien yang tidak dapat berjalan untuk berobat ke Puskesmas. Selain itu Puskesmas Kecamatan Kemayoran ini telah memiliki 4 titik tempat untuk layanan Puskesmas Keliling (Pusling) diantaranya di RW 04 Kelurahan Gunung Sahari Selatan (setiap Senin s/d Jumat kecuali Kamis), kantor Kelurahan Kemayoran (setiap hari), Rusun Dakota RW 10 Kelurahan Kebon Kosong (Senin s/d Jumat kecuali Kamis) dan di Pasar Tradisional Pasar Nangka, RW 10 Kelurahan Utan Panjang (Senin, Rabu dan Kamis).

Transfer ilmu pengetahuan serta pendidikan kesehatan kepada masyarakat, dalam setiap bulannya dilaksanakan melalui program-program yang ada di Puskesmas Kecamatan Kemayoran dengan mencoba memberi penyuluhan diantaranya untuk program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), Imunisasi, UKS (Unit Kesehatan Sekolah), PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), program penyakit tidak menular, Lansia (lanjut usia), KB (Keluarga Berencana), Jiwa, Gizi, Kesehatan Lingkungan dan Harm Reduction (pengurangan dampak buruk). Transfer pengetahuan ini juga hadir dengan bentuk pembentukan program “tim dokter kepo” di tingkat pendidikan menengah atas, diantaranya mengenai pengetahuan HIV/AIDS, IMS (Infeksi Menular Seksual) dan bahaya Narkoba yang diharapkan penyuluhan ini dapat ditularkan kepada sesama siswa di sekolah.

Bagi pasien yang telah berusia lanjut, di Poli Lansia di Lantai 1 dengan loket pendaftaraan di loket khusus (loket III) telah tersedia layanan dengan Aero Pneumatic Tube System yang melayani pengambilan obat tanpa harus ke Apotek dan pengambilan hasil lab tanpa harus ke ruang lab di lantai III. Selain itu Puskesmas juga memberikan layanan Poli Sanitasi yang dapat memberikan solusi dari masalah kesehatan sanitasi di rumah maupun di lingkungan pasien dan pasien juga dapat berkonsultasi dengan pihak puskesmas mengenai informasi mengenai obat dari resep yang didapat pasien.

Dalam upaya pelaksanaan kesehatan lingkungan Puskesmas Kecamatan Kemayoran telah berusaha menciptakan produk pupuk kompos dari limbah atau sampah organik yang ada di lingkungan Puskesmas Kecamatan Kemayoran. Selain pupuk kompos yang diciptakan bersama masyarakat sekitar, puskesmas ini telah melaksanakan kerjasama dengan pihak PT. Angkasa Pura dengan nama program “Program Peduli Kesehatan” yang bertujuan  untuk meningkatkan kunjungan balita ke Posyandu.

Prestasi

Puskesmas ini juga telah mencapai beberapa prestasi diantaranya:

  1. Peringkat I, Lomba gerak ceria hari lansia nasional Tingkat Nasional (2002).
  2. Peringkat Harapan I, PHBS Kota Administrasi Jakarta Pusat (2012).
  3. Peringkat I, Pemberi pelayanan KB terbanyak, Kota Administrasi Jakarta    Pusat (2012).
  4. Peringkat III, Lomba 3R Puskesmas Kecamatan Bidang Kesehatan, Kota    Administrasi Jakarta Pusat (2012).
  5. Peringkat III, Lomba 3R Puskesmas Kelurahan Bidang Kesehatan, Kota Administrasi Jakarta Pusat (2012).
  6. Peringkat III, Mini Konversi Gugus Kendali Mutu, Kota Administrasi Jakarta Pusat (2013).
  7. Peringkat I, Nakes (Tenaga Kesehatan) Paramedis Teladan, Provinsi DKI Jakarta (2014).
  8. Peringkat Harapan II, Nakes (Tenaga Kesehatan) Medis Teladan, Provinsi DKI Jakarta (2014).
  9. Peringkat I, Nakes (Tenaga Kesehatan) Paramedis Teladan, Provinsi DKI Jakarta (2014).
  10. Peringkat I, Nakes (Tenaga Kesehatan) Medis Teladan, Provinsi DKI Jakarta (2014).
  11. Peringkat I, Lomba Vocal Group, Dinas Kesehatan DKI Jakarta (2014).
  12. Peringkat Harapan II, Duta Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta (2014).
  13. Peringkat III, Tenis Meja Putri, Dinas Kesehatan DKI Jakarta (2014).
  14. Peringkat Juara Umum, Piala Bergilir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Dinas Kesehatan DKI Jakarta (2014).
  15. Peringkat I, Lomba Tenis Meja Tunggal Putra dan Tenis Meja Ganda Campuran,  Kota Administrasi Jakarta Pusat (Harm Reduction) (2014).
  16. Peringkat I, Lomba Kinerja Puskesmas TK. Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Pusat (2014).
  17. Peringkat II se-DKI Jakarta dalam Lomba Puskesmas Berprestasi dalam hal Pelayanan Dasar di Puskesmas (2014).