Kecamatan Tanjung Priok, Gelanggang Remaja

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok
Alamat Jalan Sunter Karya Agung VI No. 1, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara
Luas Tanah 7.072 m2

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok berada di belakang Pusat Perbelanjaan Mall Sunter di kawasan Sunter Jakarta Utara. Gelanggang ini dibangun pada tahun 1991, kemudian direnovasi di tahun 2011 pada masa Gubernur Fauzi Bowo. Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok ini pernah menjadi salah satu tempat untuk kejuaraan Vovinam, cabang olahraga beladiri asal Vietnam yang dilombakan di ajang Sea Games 2011.

Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok memiliki 3 lapangan bulu tangkis, 1 lapangan basket, 2 lapangan voli, 1 ruang serbaguna, 1 ruang fitness, musholla, kantin, kamar mandi, ruang ganti, ruang rapat, lahan parkir yang luas, papan nilai digital dan tribun penonton berkapasitas 1.000 orang. Gelanggang ini juga dilengkapi dengan cctv, keamanan, parkir berbayar dan wifi. Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok juga menjadi tempat bagi sekretariat PBSI Jakarta Utara dan Perbasi Jakarta Utara. Lapangan bulutangkisnya juga menjadi tempat bagi PB. Podomoro untuk melatih atlet-atletnya disini. Jadwal latihan PB. Podomoro hari Rabu 16.00-18.00 WIB dan hari Sabtu 18.00-20.00 WIB.

Beberapa club basket juga berlatih bergantian di gelanggang ini, diantaranya adalah club basket dari Cakrawala, NSH, KNIGHTS, SABC, Khatulistiwa, SWG dan lainnya. Beberapa instansi pemerintah juga perusahaan swasta kerap menyewa lapangan gelanggang untuk berolahraga. Selain olahraga tersebut diatas, di gelanggang ini juga terdapat kelas Taekwondo Rakata setiap Selasa dan Jumat pukul 16.00-18.00 WIB; Sanggar tari jawa pada hari Jumat pukul 15.00-17.00 WIB dan hari Minggu pukul 08.00-10.00 WIB; dan terdapat sekolah akting. Gelanggang ini juga sering menjadi tempat bagi kejuaraan berskala nasional, seperti Liga Mahasiswa Basket Teh Botol Sosro Greater Jakarta Conference, All Stars Cup VII BNN, Mywings competition dan POPNAS XII tahun 2013 cabang olahraga gulat.

Untuk mencapai lokasi ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bagi pengguna kendaraan umum dapat turun di shelter busway Sunter Karya lalu berjalan kaki sekitar 50 meter menuju ke gelanggang. Sedangkan bagi pengguna angkutan perkotaan APB JU04 jurusan Tanjung Priok-Sunter, Mikrolet 49 jurusan Tanjung Priok-Pademangan dan Kopaja U 27 jurusan Senen-Kelapa Gading dapat turun di Mall Sunter lalu berjalan kaki menuju gelanggang yang berada dibelakang mall ini.