KECAMATAN SENEN, GELANGGANG REMAJA

Gelanggang Remaja Kecamatan Senen
Alamat Jalan Stasiun Senen No. 1 Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat
Telepon 021-4250439
Fax 021-4221130
Luas Tanah 18.810 m2
Luas Bangunan 3.496 m2
Tahun Berdiri 1974
Renovasi Terakhir 2013

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Senen, lokasi gelanggang ini tepatnya berada di belakang Monumen Perjuangan Senen dan berseberangan dengan kawasan perbelanjaan Pasar Senen, Jakarta Pusat. Gelanggang ini juga tidak jauh dari terminal bus Senen yang banyak dilalui kendaraan umum dari hampir seluruh penjuru kota Jakarta. Diantara kendaraan umum yang melintas didepan gelanggang antara lain Metromini 47, 03, 07 dan 24.

Gor1.jpg

Gelanggang remaja ini diresmikan pertama kali pada tanggal 20 Agutus 1974 oleh Gubernur Jakarta saat itu Bapak Ali Sadikin. Gelanggang ini telah lama menjadi pusat kegiatan olahraga dan kesenian bagi warga sekitar DKI Jakarta terutama seni tari. Pada saat ini salah satu sanggar yang masih berada dibawah binaan pengelola gelanggang adalah sanggar seni studio ekayana yang berlatih tari sunda, jawa, bali dan aceh pada hari Senin  dan Kamis (pukul 16.30 – 18.30) di ruang serbaguna Senen.

Gor3.jpg

Selain seni tari, aktivitas lain yang masih ada sampai saat ini di dalam gelanggang diantaranya, kegiatan Karya Ilmiah Remaja setiap satu minggu sekali, Taekwondo Winners Club dan senam kebugaran untuk umum. Senam kebugaran ini diadakan setiap Jumat pagi pukul 07.30. Biasanya dihadiri dari kalangan pedagang Pasar Senen, masyarakat di sekitar gelanggang, aparat keamanan dari Polsek Senen, serta karyawan gelanggang. Gelanggang ini juga pernah beberapa kali menjadi tempat bagi ajang kompetisi ataupun acara-acara yang berkaitan dengan olahraga, diantaranya Pekan Olahraga Guru 2012, Kegiatan Kejuaraan antar club bola Volly seprovinsi DKI Jakarta, Kejuaraan invitasi Karate, Badminton, Catur dan lainnya.

Gor2.jpg

Gelanggang Remaja Kecamatan Senen ini terdiri dari sebuah ruang auditorium utama berkapasitas 500 orang, 2 lapangan badminton, 1 lapangan voli, 1 lapangan rumput, lapangan berisi fasilitas fitness luar ruang, 1 ruang KIR di lantai atas gedung, ruang auditorium berkapasitas 50 orang, panggung kesenian, ruang ibadah, ruang panel listrik, ruang pengelola, ruang sound system, ruang dapur, ruang tunggu/lobby, toilet dan kantin.

Dibawah management yang sama, tepat disebelah gelanggang remaja ini juga terdapat Unit Kolam Renang Senen. Kolam renang yang terbuka untuk umum ini merupakan salah satu fasilitas olahraga yang dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar dengan biaya masuk yang terjangkau. Kolam renang ini tecollase gelanggang 1.jpgrdiri dari 2 ukuran kolam renang, kolam pertama adalah kolam dengan ukuran setengah dari Olympic size berkedalaman hingga 2,5 meter disertai beberapa lintasan; serta kolam kedua merupakan kolam pemanasan yang juga biasa digunakan oleh anak-anak kecil yang baru belajar berenang. Di kolam renang ini juga terdapat tempat ganti baju, kantin dan ruang duduk untuk pengunjung. Kolam renang ini pernah menjadi tempat berlatih renang bagi anak asuh KODIM 0501/JP yang dipersiapkan menjadi calon prajurit TNI AD.