Kecamatan Pulogadung, Gelanggang Remaja

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Pulogadung
Alamat Jalan Pemuda No.17, Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Pulogadung merupakan salah satu fasilitas olahraga yang dapat digunakan oleh warga DKI Jakarta yang berada di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Lokasi gelanggang ini tidak jauh dari kampus B Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Gedung Sanggar Krida Wanita, Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Pulogadung, SDN 14 Rawamangun, SMPN 74 dan Kampus Bina Sarana Informatika (BSI) Pemuda Rawamangun.

Gelanggang Remaja Kecamatan Pulogadung berdiri sejak tahun 2008 diatas luas tanah 5.500 m2 dengan luas bangunan 2.000 m2. Gelanggang ini terdiri dari sebuah gedung olahraga 2 lantai. Pada lantai pertama terdapat ruang auditorium dengan kapasitas tampung mencapai 500 orang. Ruang auditorium ini dipergunakan untuk berbagai acara dari pernikahan, khitanan atau acara pemerintahan Pemprov DKI Jakarta. Di lantai dasar ini juga terdapat sebuah fitness center bernama ‘Simple Gym’ yang dilengkapi dengan alat-alat fitness yang cukup baik; toilet pria dan wanita; musholla pria dan wanita dan ruang sekertariat Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) DKI Jakarta. Sedangkan dilantai atas terdapat 4 lapangan bulutangkis, 1 lapangan basket yang dilengkapi dengan ring basket merk spalding automatic counter, serta scoreboardnya dan tribune penonton berkapasitas 700 orang. Lapangan bulutangkis dan basket di Gelanggang Remaja Kecamatan Pulogadung ini telah memiliki standard internasional. Gelanggang ini juga sering menjadi tempat/venue acara olahraga baik di tingkat kotamadya hingga Internasional, diantaranya event Liga Mahasiswa Bola Basket 2012-2013; Kompetisi Bola Basket International Custom Day (Hari Pabean Internasional); Kejuaraan Nasional Kualifikasi PON Remaja 2014; Kejuaraan Nasional Perbasi 2014 KU14-18, POPNAS 2013; Kejuaraan Daerah Karate Junior dan Senior FORKI DKI Jakarta 2012; sekretariat Sea Games 2012; Sekretariat POPNAS dan venue cabang bulutangkis; dan 4th FIBA  ASIA U16 Championship 2015. Dalam ajang 4th FIBA ASIA U16 Championship ini gelanggang remaja kecamatan Pulogadung menjadi ajang tempat bertanding beberapa negara yang ikut berperan diantaranya dari Jepang, Kuwait, Hongkong, Malaysia, China Taipei, Bangladesh, Lebanon, Philipines, Bahrain, Thailand, China, India, Korea, Iraq dan Indonesia sendiri sebagai tuan rumah. Final 4th FIBA ASIA U16 tanggal 7 November 2015 dilangsungkan di Kelapa Gading Sportmal.

Pada hari-hari biasanya, lapangan basket di gelanggang ini menjadi tempat pembinaan olahraga bola basket dari Koordinator Wilayah Gelanggang Remaja Jakarta Timur. Sedangkan mereka yang berlatih bulutangkis berasal dari beragam kalangan, diantaranya dari Persatuan Bulutangkis (PB) Bea Cukai, TVONE, PERBASI, ALAZHAR, Green Star, BCA, Scorpion, Ardes, ASTRA dan Yosi.

Selain Bulu tangkis dan basket, gelanggang ini juga menjadi tempat bagi warga DKI Jakarta untuk berlatih beladiri Taekwondo setiap hari Senin dan Kamis pukul 18.00-21.00 WIB, Karate Kandaga Prana Dojo Pemuda setiap Rabu dan Jumat pukul 18.00-21.00 WIB, serta Silat Tjingkring FORMI setiap Jumat pukul 18.00-21.00 WIB. Cabang-cabang olahraga beladiri ini berlatih di pelataran parkir gelanggang. Lahan parkir di gelanggang ini dapat memuat kapasitas hingga kurang lebih 100 mobil dan menggunakan sistem parkir berbayar. Gelanggang ini juga dilengkapi dengan kantin, keamanan dan cctv disetiap sudutnya.

Untuk mencapai gelanggang ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi mereka yang menggunakan bis transjakarta dapat turun di shelter Velodrome Rawamangun, kemudian berjalan kaki sekitar 50 meter menuju gelanggang. Pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan umum apapun yang melintasi jalan Pemuda menuju ke arah terminal Rawamangun atau menuju ke Pulogadung contohnya Metromini T46 Pulogadung-Kampung Melayu, Metromini T47 Pulogebang-Senen, Metromini T49 Pulogadung-Manggarai dan Metromini P03 Pasar Senen-Rawamangun, kemudian turun persis di depan Gelanggang Remaja Kecamatan Pulogadung.