Kecamatan Koja, Gelanggang Remaja

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Koja
Alamat Jalan Balai Rakyat No. 16, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara

Data per Oktober 2015

Gelanggang Remaja (GR) Kecamatan Koja berada di wilayah Koja, Jakarta Utara. Lokasinya tidak jauh dari Pengadilan Agama Kelas IA Jakarta Utara, TPU Kampung Mangga, Kantor Kementrian Agama Jakarta Utara dan PMI Jakarta Utara. GR Kecamatan Koja terdiri atas 3 lantai bangunan yang memiliki 8 lapangan bulu tangkis, 2 lapangan voli, 1 lapangan basket dan 1 lapangan futsal. Gelanggang ini juga memiliki 1 ruang auditorium yang berkapasitas kurang lebih dapat menampung 500-1000 orang. Gelanggang ini juga dilengkapi dengan fasilitas WC/ruang ganti, musholla, cleaning service, ruang pengelola, pos keamanan dan lahan parkir yang cukup luas. Gelanggang ini direncanakan akan diselesaikan pada bulan Desember 2015.

Pada tahun 2013, di GR Kecamatan Koja ini terjadi kejadian kecelakaan kerja dimana konstruksi cetakan beton atau bekisting tangga utama gelanggang ambruk. Hal ini diakibatkan oleh adanya gangguan komunikasi ketika melaksanakan pengecoran. Menurut media Kompas, salah satu dari dua unit mesin cor mati, sehingga terjadi beban berlebih pada satu titik pengecoran. Sedangkan penuturan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto waktu itu dalam Republika Online, kejadian ini diduga karena ada salah satu alat yang macet dan terjadi ketidakseimbangan yang mengakibatkan sebagian bangunan di lantai dua rubuh.

Kejadian ini sempat menimpa korban luka bernama Suwandi (32). Ia menderita luka dalam pada kaki kanannya. Ia dibawa ke Rumah Sakit Pelabuhan yang berada tidak jauh dari gelanggang. Kemudian sebagai bentuk tanggung jawab, perusahaan pelaksana proyek menanggung biaya pengobatan dan korban juga mendapat santunan dana dari Disorda Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 10 juta. Proyek rehabilitasi gelanggang ini kemudian tetap terus dilakukan agar dapat mewujudkan cita-cita memberikan fasilitas olahraga untuk warga Jakarta. Di bulan Oktober tahun 2015, tangga utama tersebut kini sudah berdiri dengan baik dan selesai dikerjakan. Tangga utama ini berjumlah kurang lebih 50 anak tangga untuk mencapai ke lantai 2.

Sebelum gelanggang ini di rehabilitasi, GR Kecamatan Koja ini pernah beberapa kali menjadi tempat bagi acara-acara besar diantaranya yang dilakukan oleh Yayasan Perempuan Indonesia Peduli yang menggelar acara Gerakan Pasar Murah Nasional. Pada kesempatan ini datang beberapa artis ibukota untuk menghibur dan berperan serta membantu acara ini terlaksana diantaranya adalah Renny Djayusman, Ita Purnama Sari, Silvana Herman dan Sheza ‘Ceca’ Idris. Sheza Idris adalah salah satu artis ibukota yang mengawali karirnya sebagai model dan artis sinetron. Sheza pernah tampil dalam kompetisi bernyanyi reality show Supermama di Televisi Indosiar bersama ibundanya, Sherly. Sheza merupakan anak berbakat dari salah satu pegawai Pemprov DKI Jakarta. Ayahnya Drs. Idris Priyatna, pernah menjabat sebagai Camat di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Kasudin Tramtib Linmas Jakarta Pusat.

Untuk mencapai GR Kecamatan Koja dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Mereka yang menggunakan kendaraan umum bis transjakarta dapat turun di shelter Plumpang Pertamina, lalu naik Metromini 41 jurusan Pulogadung-Tanjung Priok dari halte disamping shelter Transjakarta. Lalu turun di depan Kantor Kementrian Agama Jakarta Utara atau Jalan Balai Rakyat Raya atau di depan Bakso Emil dan berjalan kaki ke dalam gelanggang sekitar 20 meter. Kendaraan umum lain yang melintas menuju arah GR Kecamatan Koja ini diantaranya Metromini P07 Senen-Semper, KWK U09 Tanjung Priok–Cilincing dan KWK U08 Tanjung Priok–Cilincing.