Kecamatan Kebon Jeruk, Gelanggang Remaja

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Kebon Jeruk
Alamat Jalan HH No. 2 Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Luas lahan 2650 m2
Luas bangunan 1050 m2
Luas lahan parkir 706 m2

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Kebon Jeruk berada tidak jauh dari Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Kantor Kecamatan Kebon Jeruk, SMPN 75 Jakarta dan Kantor Polisi Sektor Kebon Jeruk. Gelanggang ini dibangun tahun 1996 oleh Pemprov DKI Jakarta.

Di dalam Gelanggang Remaja Kecamatan Kebon Jeruk terdapat 4 lapangan bulutangkis, 2 lapangan voli, 1 lapangan basket dan 1 lapangan futsal. Gelanggang ini juga dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir untuk motor dan mobil, tribun penonton untuk 500 orang pengunjung, panggung podium, kamar mandi, gudang, musholla dan kantor pengelola. Gelanggang ini juga terdapat fitness center Bonjer yang berada di bagian belakang gedung Gelanggang Remaja Kecamatan Kebon Jeruk.

Kebanyakan gelanggang ini digunakan untuk pembinaan atlet dari pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) maupun dari pembinaan atlet dari sekolah umum di sekitar, seperti pembinaan atlet basket dari club Cakrawala yang dibina oleh KONI, pembinaan atlet Pencak Silat dan pembinaan atlet bola Voli SMAN 78. Selain digunakan untuk pembinaan atlet olahraga, gelanggang ini juga menjadi tempat bagi warga sekitar untuk berlatih bulutangkis, futsal ataupun berlatih tari. Sanggar tari yang berlatih di Gelanggang Remaja Kecamatan Kebon Jeruk ini dari Sanggar Tari Sekar Taji asal Depok – Jawa Barat, salah satu sanggar tari yang cukup dikenal pimpinan Trisno Marindi. Jenis tari yang biasanya dilatih adalah tarian daerah nasional Indonesia.

Untuk mencapai gelanggang ini ada berbagai cara, diantaranya menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Mereka yang datang dengan kendaraan umum bisa menggunakan bis Transjakarta jurusan Lebak Bulus - Kalideres turun di shelter Kebon Jeruk dan berjalan kaki beberapa ratus meter menuju ke Jalan HH. Pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan umum angkutan perkotaan Mikrolet M11 jurusan Tanah Abang - Meruya Ilir dari perempatan Palmerah/shelter bis Transjakarta Slipi - Palmerah, kemudian turun di perempatan lampu merah Kebon Jeruk Jalan Panjang atau turun di Jalan Lapangan Bola lalu berjalan kaki menuju ke tempat gelanggang ini berada.