KECAMATAN KALIDERES, GELANGGANG REMAJA

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Kalideres
Alamat Jalan Peta Utara II No. 1, RT 007/RW 03 Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat
Luas tanah 6.800 m2

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Kalideres berada tepat di depan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Gelanggang ini dibangun tahun 1994 oleh Pemprov DKI Jakarta. Lokasinya juga tidak jauh dari terminal bis Kalideres, Perumahan Citra Garden City dan Jalan Daan Mogot Raya.

Gelanggang ini memiliki satu buah gedung olahraga dengan 3 lapangan bulu tangkis, 2 lapangan voli, 1 panggung podium dan 2 tribun di sisi kiri dan kanan yang dapat menampung sekitar 300 orang. Di gelanggang ini juga tersedia fasilitas pendukung lain, seperti lahan parkir yang dapat memuat kendaraan 30 buah (mobil) dan 50 buah (motor), kamar ganti perempuan dan laki-laki, kamar mandi, musholla, ruang pengelola dan ruang sekretariat olahraga.

Masyarakat biasanya menggunakan gelanggang ini untuk melakukan aktivitas olahraga, seperti bulu tangkis, beladiri dan menari. Di Gelanggang Remaja Kecamatan Kalideres terdapat latihan beladiri silat dari Perkumpulan Silat Satria Muda Indonesia Komisariat Wilayah Jakarta Barat yang berlatih pada hari Minggu pukul 10.00 – 14.00 WIB, serta beladiri karate dari Persatuan Karate Goju Ryu Shinbukan Indonesia yang berlatih pada hari Rabu & Senin pukul 17.00 - 19.00 WIB dan pada hari Minggu pukul 10.00 - 12.00 WIB. Goju Ryu adalah salah satu aliran dalam karate yang menerapkan perpaduan antara teknik keras dan teknik lembut dalam gerakan-gerakannya, penggunaan pernafasan yang baik (sanchin) dan pertarungan dengan jarak dekat. Selain beladiri, juga terdapat latihan menari yang dibimbing oleh Bapak Mamang Kusuma dari Sanggar Puri Ranggapati yang berlatih pada Hari Kamis pukul 14.00 – 17.00 WIB, Sabtu pukul 14.00 - 17.00 WIB dan Minggu pukul 10.00 - 14.00 WIB. Sanggar tari Puri Ranggapati ini telah beberapa kali memenangkan kejuaraan tari diantaranya Juara harapan II seJabotabek tari Jaipong di Taman Mini Anjungan Jawa Barat, Juara II tari Jaipong di Tari Nusantara Mall Emporium dan kejuaraaan tari nusantara Lippo dalam tari kreasi. Gelanggang ini juga pernah menjadi tempat untuk seleksi tim olahraga untuk cabang Kempo dan Karate, serta menjadi tempat ujian kenaikan sabuk Karate di Jakarta Barat.

Untuk mencapai tempat ini pengunjung gelanggang biasanya naik dari terminal bis Kalideres mobil angkutan perkotaan B 09A berwarna coklat muda, Mikrolet M13 dan turun di Swalayan buah Koki Fruit dan berjalan kaki menuju gelanggang. Atau naik Mikrolet R25 dari Daan Mogot Mall dan turun di depan Kecamatan Kalideres.