Kecamatan Cilincing, Gelanggang Remaja

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Cilincing
Alamat Jalan Dewa Ruci No. 1 Kompleks Dewa Ruci, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Kotamadya Jakarta Utara
Luas tanah 5.000 m2

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Cilincing atau biasa disebut juga dengan Gelanggang Remaja Dewa Ruci ini berada di dalam kompleks perumahan TNI AL Dewa Ruci, Jakarta Utara. Lokasinya tidak jauh dari Sekolah Dasar Hang Tuah 5 Tanjung Priok dan Masjid Al Hidayah, Kompleks Dewa Ruci. Gelanggang ini merupakan salah satu dari beberapa gelanggang di Jakarta yang dibangun di tahun 1972 pada masa Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Awalnya bangunan gelanggang ditujukan sebagai balai rakyat, dimana menjadi tempat pertemuan warga, sekaligus tempat berolahraga dan berekreasi, namun seiring waktu bangunan ini difungsikan dengan memfokuskan pada bidang olahraga dan seni budaya.

Saat ini di gelanggang Remaja Kecamatan Cilincing terdapat 3 lapangan Bulu Tangkis yang masih digunakan warga setempat untuk berolahraga. Latihan bulu tangkis dimulai dari pukul 08.00-22.00 WIB. Gelanggang ini juga menjadi tempat bagi atlet binaan GRJU untuk berlatih Sepak Takraw. Pada saat-saat tertentu gelanggang juga menjadi tempat berlatih bola voli dan futsal bagi warga. Selain aktivitas olahraga, di gelanggang Remaja Kecamatan Cilincing juga ada sanggar tari untuk mereka yang ingin berlatih tari tradisional dan modern pada hari Minggu pukul 09.00-13.00 WIB. Sanggar tari ini bernama Sanggar Jitera Kreasi Indonesia yang juga binaan dari GRJU. Sanggar ini pernah menghelat acara Pentas Benteng Budaya Nusantara Remaja Super Indonesia yang tampil di beberapa pusat perbelanjaan ternama, seperti Thamrin City, Mal Artha Gading, Plaza Atrium Senen, Plaza Semanggi, Mall Daan Mogot, Tamini Square, Pluit Village Mall, Mall Kelapa Gading, Seasons City dan Mall Pondok Indah.

Gelanggang Remaja Kecamatan Cilincing juga didukung fasilitas pendukung, berupa musholla, kamar mandi, kamar ganti, lahan parkir yang luas, ruang pengelola, ruang serbaguna dan  tribun untuk penonton. Untuk mencapai lokasi, pengunjung gelanggang dapat menggunakan transportasi bus Transjakarta turun di shelter busway Enggano lalu naik angkutan perkotaan seperti KWK 05, Metromini 23, Mikrolet jurusan Tanjung Priok – Cilincing atau menggunakan jasa ojek, kemudian berhenti di depan kompleks Dewa Ruci dan berjalan kaki menuju ke dalam Gelanggang.