Kecamatan Cakung, Gelanggang Remaja

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Cakung
Alamat Jalan Balai Rakyat 1, Kelurahan Cakung Timur, Jakarta Timur

 

Gelanggang Remaja Kecamatan Cakung berada tepat di sebelah kantor Kelurahan Cakung Timur Jakarta Timur. Lokasi tidak jauh dari kawasan sentral bisnis Ruko INKOPAU Cakung, Hotel Angkasa, KPP Pratama Jakarta Cakung 2, Supermarket Giant Grand Cakung Mall, Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung dan Terminal Pulo Gadung. Gelanggang Remaja Kecamatan Cakung ini banyak dikenal warga sekitar dengan sebutan Balai Rakyat Cakung. Gelanggang remaja ini berdiri sejak tahun 1985, diatas luas tanah 3.742 m2 dengan luas bangunan mencapai 2.500 m2.

Gelanggang ini memiliki 2 buah lapangan bulu tangkis dengan sebuah podium ditengahnya. Lapangan bulu tangkis ini sering kali digunakan warga DKI Jakarta untuk berlatih olahraga bulutangkis diantaranya digunakan oleh beberapa Persatuan Bulutangkis (PB) Sportif, RT.09, Lion, JSMU, Meteor, Murai, KCI, Melati, Komitsu dan Jaya. Di sisi sebelah kanan gedung olahraga, terdapat sebuah ruang serbaguna berkapasitas 100 orang. Ruang ini sering digunakan oleh warga untuk berlatih erobik setiap Selasa dan Jumat pukul 17.00–18.00 WIB. Gelanggang ini juga dilengkapi dengan lahan parkir berkapasitas 25 mobil, lahan parkir motor, kamar mandi, musholla dan kantin. Lahan parkir gelanggang tidak jarang dipergunakan warga untuk berlatih senam pagi setiap hari Rabu pukul 07.00-08.00 WIB.

Untuk mencapai gelanggang ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Mereka yang menggunakan kendaraan umum dapat naik dari terminal Pulo Gadung, kemudian menggunakan angkutan perkotaan (angkot) berwarna merah KWK T30 jurusan Pulogadung-Gempol lalu turun di depan Gelanggang/Balai Rakyat Cakung. Sebagian masyarakat masih mengenal Jalan Balai Rakyat 1 di depan gelanggang ini dengan sebutan Jalan Inspeksi Kayu Tinggi atau Kayu Tinggi, karena Jalan Balai Rakyat merupakan terusan dari Jalan Inspeksi Kayu Tinggi.

Untuk mereka yang menggunakan bis transjakarta extension koridor 2 dari Pulo Gadung ke arah Harapan Indah-Bekasi, kemudian dapat turun di shelter Bekasi Pulogebang lalu naik ojek dari Jalan Sangkuriang menuju ke Jalan Balai Rakyat 1 tempat gelanggang ini berada.