Kanal Banjir Timur, Taman

 

Taman Kanal Banjir Timur
Alamat Jalan Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur
Luas 3,9 Ha

 

Taman Kanal Banjir Timur terletak di ruas Jalan Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur. Taman ini memiliki panjang 1,4 km dan luas 3,9 ha. Kanal Banjir Timur atau biasa disebut KBT adalah upaya pengendalian banjir di bagian timur dan sebagian utara Jakarta. Kanal seluas 207 km persegi dengan panjang 23,5 km dan lebar sekitar 100 m yang membentang dari Kebon Nanas, Jakarta Timur hingga Marunda, Jakarta Utara ini diharapkan dapat menjadi kawasan penampungan dan penyerap air yang cukup signifikan perannya dalam menanggulangi banjir di kawasan timur dan utara Jakarta. Saluran KBT ini difungsikan untuk menampung kelebihan air dari Kali Ciliwung, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat dan Kali Cakung, serta dialirkan ke utara di perbatasan timur wilayah DKI Jakarta. Pada bagian muara sepanjang kurang lebih 2 km sebelum pantai Laut Jawa saluran KBT ini memotong sungai Blencong. Kanal ini melintasi 13 kelurahan (dua kelurahan di Jakarta Utara dan 11 kelurahan di Jakarta Timur).

Meski dibangun untuk penampungan dan resapan air sebagai fungsi ekologis, kawasan sepanjang KBT juga memenuhi fungsi sosial dengan daya tariknya yang mampu menyedot warga untuk datang berkunjung dengan berbagai tujuan, baik sekedar berekreasi, berkumpul, maupun berolahraga.

Desain taman ini mengacu pada Urban Design Guidelines (UDGL), taman dibangun dengan berbagai elemen, yakni konsep ruang yang berorientasi pada wahana berkumpul keluarga. Ruang terbuka hijau yang memberi suasana teduh dan segar disepanjang KBT ini dilengkapi dengan jalur pedestrian dan jalur sepeda, ruang bermain anak, bangku taman, tempat refleksi kaki, shelter, tempat sampah berbagai bentuk yang sudah dipisah antara sampah organik dan anorganik atau kertas dan plastik, dek yang menjorok ke kanal, deretan vegetasi peneduh, serta berbagai fasillitas lainnya telah merubah kawasan resapan air ini menjadi ruang publik yang menyenangkan untuk didatangi pengunjung disemua usia baik pagi maupun sore hari.

Beberapa fasilitas di kawasan Taman KBT ini dibangun oleh PT. United Tractors sebagai bentuk kepedulian dan dedikasi terhadap pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup, serta merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Di sore hari, tepian BKT ini tak pernah sepi pengunjung, karena hadirnya warung-warung kecil yang menjual berbagai produk makanan, sandang dan lain-lain selayaknya pasar kaget yang banyak tersebar di Jakarta.