Kampung Wisata Agro Rawajati

Jakarta punya banyak tempat yang mempromosikan kegiatan ramah lingkungan, sebagian orang menyebutnya sebagai Titik Hijau Jakarta. Salah satu diantaranya adalah Kampung Wisata Agro Rawajati di Pancoran, Jakarta Selatan. Komitmen masyarakatnya membuat Kampung Agrowisata di RW. 03, kelurahan Rawajati, kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan terjaga hingga kini. Keberhasilan warga dalam mengolah lingkungannya merubah fisik lingkungan ini dari kawasan kumuh menjadi asri.

Jika berkunjung ke Kampung Agro Rawajati, akan dijumpai ratusan jenis tanaman mulai dari tanaman obat, tanaman produktif hingga tanaman hias yang secara swadaya di tanam warga sebagai bukti komitmen mereka menciptakan lingkungan yang hijau.

Pada tahun 2004, Kampung Rawajati masuk ke dalam kategori perkampungan atau RW terbaik. Hal ini dikarenakan kampung ini berhasil mengelola lingkungan mulai penataan lingkungan hijau, perawatan tanaman, penanganan sampah hingga pemasaran hasil olahan sampah.

Selain ditetapkan sebagai kampung percontohan, pada 18 Juni 2005 Gubernur DKI Jakarta saat itu Sutiyoso meresmikan RW. 03 Rawajati sebagai perkampungan agrowisata.Tidak hanya taman yang dapat dinikmati di kampung ini, program penyediaan tanaman setiap rumah telah membuat pemukiman warga di kampung ini penuh dengan dedaunan.

Keberhasilan lain yang dapat ditiru dari usaha yang telah dilakukan warga kampung Rawajati adalah pengelolaan sampah mandiri. Setiap warga, setiap rumah diharuskan mengelola sampah masing–masing. Sampah organik dibuat kompos yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangbiakan tanaman hias. Sampah anorganik dapat dimanfaatkan untuk membuat barang–barang berguna, seperti plastik bekas sabun pencuci dibuat tas, dompet dan barang bermanfaat lainnya.Adanya pengolahan kompos di rumah, kerajinan di rumah dan tanaman–tanaman hias di rumah warga adalah pelajaran yang dapat dipetik dari kampung Agro, ini adalah komitmen warga yang kuat untuk memperlakukan lingkungan dengan ramah.

Sumber    : www.jak-tv.com
Tanggal    : 14 Mei 2010