IWAN FALS

Penyanyi dan musikus, yang dikenal dengan lagu-lagu protes dan kritik sosial. Nama aslinya Virgiawan Listanto, lahir di Jakarta, di 3 September 1961, yang merupakan putra Kolonel Harsono. Ia menikah dengan Rosana dan dikaruniai 3 orang anak. Sejak SD di Bandung, ia sudah sering membuat syair dan mengembangkannya lewat ngamen bahkan sampai ketika anaknya yang pertama lahir. Ia dengan liriknya yang penuh dengan kritik sosial, selalu menjadi sensasi bagi publik bahkan menjadikan fenomena tersendiri dalam perjalanan musik Indonesia. Karirnya dimulai sejak memenangkan "Lomba Musik Humor" yang diselenggarakan oleh Lembaga Humor Indonesia tahun 1979.

Sebelumnya bersama Totok G. Helmie dan Tom Slepe membuat 2 buah album yakni Perjalanan dan Amburadul, kemudian tahun 1980 lewat Musica Studio menciptakan album Umar Bakri. Lagu tersebut menyuarakan keberpihakannya pada sosok guru, pahlawan tanpa tanda jasa yang dirundung malang. Sejak itu, telah puluhan album yang ia hasilkan dan umumnya laku keras. Ia memiliki jutaan penggemar yang fanatik yang memujanya, sehingga untuk menampungnya perlu dibuatkan wadah bernama Orang Indonesia (yang kerap disingkat OI). Mereka tidak hanya rajin mengkoleksi album Iwan Fals, tetapi juga mengikuti nilai-nilai dan ajaran moral yang terkandung dalam lagu-lagunya.

Awal dekade 1990-an, ia aktif di padepokan Bengkel Teater Rendra di Citayam. Di sini, ia menciptakan musik kolaborasi dengan WS Rendra, Sawong Jabo, Jocky Suryoprayoga dan Setiawan Jodi membuat album Kantata Takwa dan Kantata Samsara, yang dikenang karena nilai puitik dan patriotik dalam lagu-lagunya, di samping spektakulernya konser panggung mereka. Sebelumnya bersama Ian Antono ia membuat album Mata Dewa dan bersama Sawung Jabo, membuat kelompok Swami yang beberapa lagunya seperti Bento dan Bongkar, memberi inspirasi anak-anak muda untuk mempertanyakan status quo kekuasaan. Pada tahun 2000, menjelang pergantian millennium, oleh Majalah Time edisi Asia, dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Asia, sebagai penghargaan atas kepeloporannya selama ini.