ISBANDI

Komponis dan konduktor orkestra. Lahir di Plaju 28 Juni 1922. Ia mempelajari teori musik dan aransemen dari Jose Cleber selama setahun disamping juga belajar biola dari Frans Bernardo (2 tahun), Hans Wagtough (4 tahun) dan Liem Kek Han (1 tahun). Pendidikan Dasar HIS ia selesaikan 1936 di Jakarta dan pernah duduk di kelas II MULO.

Ia memimpin Orkes Puspa Kencana tampil di TVRI Stasiun Pusat Jakarta sejak 1963 mengisi berbagai acara, antara lain Aneka Ria, Lagu dan Pencipta, acara khusus Lebaran dan lain-lain. Tahun 1951 ia menjadi pemain biola di samping membuat arransemen pada Orkes Studio Djakarta (OSD) pimpinan Sjaiful Bachri. Selama penampilan-penampilan groupnya itu, telah mengiringi puluhan artis penyanyi, termasuk Sam Saimun berlangsung sampai 1978.

Kemudian memimpin OSD sejak 1966 dan menjadi Dirigen II pada Orkes Simfoni Jakarta sejak 1972. Dengan Rumenah isterinya, mereka dikaruniai sembilan orang anak, diantaranya Meilani Isbandi, anak ketiga, yang dikenal sebagai biduanita dan sering tampil dalam berbagai acara TVRI. Sejak tahun 1978, memimpin Orkes Telerama di TVRI Stasiun Pusat Jakarta yang tampil sebulan sekali, menggantikan kakak kandungnya sendiri, Iskandar yang meninggal dunia.