Idang Rasjidi

Musisi jazz, lahir di Pangkal Pinang, Bangka, 26 April 1958. Pertama kali main musik saat berkenalan dengan Abadi Soesman, yang langsung mengajaknya bergabung dalam sebuah acara paket anak-anak di TVRI. Waktu itu luang tidak memainkan piano alat musik yang paling dikuasainya  tetapi sebagai pemetik bass. la dipercaya sebagai pemain keyboard untuk kelompok musik Abadi Soesman Band. Sejak itu mulai dikenal di kalangan artis musik Indonesia sebagai salah seorang pianis yang memiliki warna jazz.

Guru pianonya yang pertama adalah Ny. Kardana, adik bintang film Mila Karmila. Jazz menarik perhatiannya karena orang tuanya sering memutar piringan hitam musik jazz, seperti Glenn Miller, John Coltrane, Dexter Gordon, Miles Davis, Charlie Parker. Ia seperti dicekoki dengan musik-musik seperti itu, hingga akhirnya ia terpengaruh untuk memainkan piano jazz. Wawasannya tentang jazz makin luas tatkala ia berkenalan dengan musisi jazz senior lainnya, seperti Jack Lesmana, Ireng Maulana, Kiboud Maulana, Uddin Syach, Maryono, Benny Likumahua, dan Benny Mustapha. Kemudian bergabung dengan Ireng Maulana Associate.

Ia membentuk kelompok band sendiri, dan sering tampil secara solo dengan pianonya, untuk mengisi acara di klub malam dan hotel-hotel. Terutama Hotel Hilton dan Borobudur, yang merupakan tempat ujian musisi jazz. Musisi yang sudah tampil di tempat itu, berarti sah sebagai musisi jazz. Kiprahnya dalam menambah khasanah musik jazz Indonesia tercatat dalam beberapa kali membentuk kelompok jazz bersama para "pendekar" jazz Indonesia. The Galactic adalah sebuah kelompok jazz yang dibentuknya bersama Maryono (saksofon), Dele Pattisenno (gitar). Dullah Suweileh (perkusi), Benny Likumahua (trombone), Jeffry Tahalele (bass), dan Benny Mustapha (drums).