HUBERTUS JOHANNES VAN MOOK

Pejabat tertinggi kolonial Belanda yang berperan penting dalam usaha Belanda mendapatkan kembali daerah jajahannya, Indonesia. Van Mook lahir di Semarang. Ia menyelesaikan pendidikannya di negeri leluhurnya, Belanda. Ia menjadi anggota Dewan Rakjat (I 931), kemudian direktur Departemen Perekonomian (1937), lalu Menteri Jajahan Belanda (1941). Oleh Gubernur Jenderal Tjandra van Starkenborg Stachouwer, ia diperintah untuk mendampinginya sebagai letnan Gubernur Jenderal.

Sewaktu Jepang mendarat di Hindia Belanda (Indonesia, 1942) van Mook melarikan diri ke London dengan membawa harta negara. Di negara itu ia diberi kedudukan menteri jajahan dalam kabinet Belanda. Pada tahun 1944 ia mendapatkan kembali jabatannya sebagai letnan Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan bermarkas di Brisbane, Australia. Ketika Sekutu datang ke Indonesia, ia pindah ke Batavia (1945).

Van Mook mengadakan perundingan dan pendekatan dengan kaum republik tetapi tidak berhasii. Pada tahun 1947 ia memerintahkan aksi militer ke daerah republik. Ia lebih cenderung mengucilkan daerah kekuasaan Republik Indonesia dan membentuk negara federasi di luar daerah ini. Pada tahun 1948 ia mengajukan pengunduran dirinya dari jabatannya, setelah ia dipaksa membentuk pemerintah federal termasuk daerah republik. Ia kemudian pergi ke Amerika Serikat. Mula-mula sebagai guru besar di Universitas California, kemudian sebagai tenaga ahli di PBB.