Haryati Soebadjo

Seorang ahli bahasa Jawa Kuno dan Sansekerta, pernah menjabat Menteri Sosial. Lahir di Jakarta tanggal 24 Juni 1926, merupakan putri kedua dari tiga bersaudara yang semuanya wanita dari keluarga Bapak Noto Soebadio, Sarjana Hukum lulusan Rijks Universiteit Leiden. Setelah lulus SMA B di Jakarta, kemudian menuntut ilmu di Belanda dan mernpelajari Sansekerta. la lulus tahun 1956 dan berhasil menjadi sarjana sastra. la pulang ke Indonesia dan menjadi dosen di Fakultas Sastra UI. Tahun 1969, ia kembali ke Amsterdam untuk mengambil program doktor.

Setelah pulang ke Indonesia, ia kembali ke kampus UI sebagai pengajar dan kemudian menjadi guru besar. Pada tanggal 29 April 1975 Dr. Ny. Haryati Soebadio terpilih sebagai Dekan Fakultas Sastra UI menggantikan Dr. Harsya W Bachtiar. Selanjutnya, pada tanggal 20 Oktober 1978, ia diangkat sebagai Direktur Jendral Kebudayaan. Di kalangan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dikenal sebagai pejabat yang lincah, tegas dan cepat dalam mengambil keputusan.

Aktivitas kesehariannya tidak hanya berhenti pada membaca buku-buku yang berbau kuno, namun juga buku-buku wanita kriminal karangan Agatha Christie, Hero Wolf dan Dorothy Sayere. Di samping menulis karya ilmiah, juga menulis novel. Dalam penulisan novel, memenangkan Hadiah Pertama dari Sayembara Majalah Femina tahun 1977 dengan judul Selembut Bunga dengan nama samaran Aryanti. Karya lainnya, Dunia Tak Berhenti Berputar mendapat hadiah harapan tahun 1976. Selain itu juga menulis cerita anak-anak.