Franky Sahilatua

Penyanyi dan pencipta lagu. Bernama lengkap Franklin H. Sahilatua, lahir di Surabaya 16 Agustus 1953. Ia mulai aktif menyanyi di tahun 1970-an di Surabaya. Semula berduet dengan Gina, sehingga dikenal dengan Franky&Gina. Tak lama kemudian berpisah dan peranan Gina digantikan adiknya sendiri Jane. Tampillah duet Franky & Jane untuk pertama kalinya di tahun 1974 pada suatu pertunjukan di Surabaya, di mana Group Bimbo juga ikut tampil. Pendidikan SLA ia selesaikan 1973 di Surabaya dan pernah mengikuti kuliah di Akademi Akuntansi Surabaya.

Ia tampil bersama Jane di TVRI sejak 1979. Pertama kali mengisi acara Kenalan Baru, kemudian Musik Malam Minggu, Sejenak Bersama, Lagu Untuk Anda, Kamera Ria, Chandra Kirana, Pelangi dan lain-lain. Rekaman kaset ia terjuni sejak 1976, pertama kali di Yukawi dan menyelesaikan dua album. Tapi lagu-lagunya mulai mendapat perhatian luas ketika rekaman di Jackson Record dengan album perdana Musim Bunga (1977). Hingga 1981, bersama Jane ia menyelesaikan 5 album. Tahun 1982 mulai merekam album solo .berjudul Ballada Wagiman Tua. Lagu-lagunya yang mencapai hit's antara lain Musim Bunga, Kepada Angin dan Burung-Burung, Panen Telah Datang, Siti Julaiha, Ballada Wagiman Tua dan lain-lain. Lagu-lagunya bercorak musik country bertemakan kecintaan alam dan kritik sosial.

Ia mencipta lagu dan menata musik untuk rekaman-rekamanya, dibantu oleh beberapa penyair sebagai pembuat liriknya, antara lain Yudhistira ANM. Tahun 1982, ia tampil sebagai pemeran utama dalam film perdananya: Mendung Tak Selamanya Kelabu. Bersama Emha Ainun Nadjib, menghasilkan karya musik-teatrikal, album Perahu Retak, yang diluncurkan menjelang berakhimya masa Orde Baru.