FARIDA OETOJO

Penari, pembina tari dan koreografer. Dilahirkan di Surakarta, Jawa Tengah, 7 Juli 1939. Sebelumnya dikenal sebagai Farida Feisol dan Farida Syumanjaya. Pertama kali belajar balet di Singapura, kemudian menjadi penari pada kelompok Ballet der Lade Landen di Amsterdam. Tahun 1958 mendirikan sekolah tari Ballet Nritya Sundara bersama Julianti Parani di Jakarta. Tahun 1961 mendapat beasiswa ke Moskwa untuk belajar di Akademi Tari Bolshoi. Pada tahun 1973-1974 belajar pada Martha Graham dan Marce-Cunningham di Amerika Serikat.

Sekarang menjabat pimpinan sekolah ballet Sumber Cipta. Selain itu pendiri sekaligus direktur artistic Kreativitat Dance Indonesia. Kreativitat merupakan sebuah dance company, yang didirikan tahun 1998 di Jakarta, yang diidamkan sebagai wahana peningkatan apresiasi seni tari kotemporer. Sampai sekarang telah melahirkan puluhan karya tari, antara lain Carmina Burana, Rama dan Shinta, Gunung Agung Meletus, dan Putih Kembali. Pernah menjadi Anggota Dewan Kesenian Jakarta dan pengajar di Institut Kesenian Jakarta. Sejak 1990 menjadi Kepala Badan Pengelola Gedung Kesenian Jakarta.
Karya-karya tarinya, berusaha mencampurkan ballet yang nota bene tarian asing dengan khasanah kebudayaan Indonesia, sehingga melahirkan karya yang mempunyai ciri khas tersendiri. Semakin lama, racikan balletnya semakin berkurang, sementara bumbu dari dalam kebudayaan Indonesia,khususnya tradisi yang digarap dengan pendekatan dan cara baru semakin menguat.