EMIL SALIM

Ekonom dan pemerhati lingkungan hidup. Orang Minang yang lahir di Lahat, Sumatera Utara, 8 Juni 1930. Menyelesaikan pendidikan FE VI tahun 1958 dan melanjutkan di Universitas California, Barkeley, AS memperoleh gelar MA (1962) dan Doktor (1964) dengan disertasi berjudul Institustional Structure and Economic Development (1964). Salah satu orang yang dianggap sebagai mafia Berkeley, yang menjadi motor kebangkitan ekonomi di masa awal Orde Baru. Meniti karir birokrasi dimulai dari Ketua Bappenas (1967); Anggota MPRS (1967); Anggota DPR-GR (1967-1969); Anggota tim penasihat Menteri Tenaga Kerja (1967-1968); Ketua Tim Teknis Badan Stabilitas Ekonomi (1967-1969); Dosen Seskoad, Seskoal, PTIK; Leknas-LIPI; Deputi Ketua Bappenas (1971-1978); Dan kemudian ditetapkan sebagai Guru Besar FE VI.

Sejak muda ia sudah berorganisasi, menjabat ketua IPPI Bogor - sambil menjadi anggota Korps Mobilisan Siliwangi (1950). Ketua Lembaga (Dewan) Mahasiswa dijabatnya ketika menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi VI.

Jabatan terakhirnya sebagai Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup, menunjukkan kaitan erat antara ilmu ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. Tidak sebagaimana Robert Malthus, yang risau tentang masa depan akibat pertumbuhan penduduk tidak seimbang, ia sangat optimis dan percaya akan peran teknologi. Guru besar FEVI ini dikenal dekat dengan mahasiswanya. Dengan gaya enak dan tidak terlalu teoritis, kuliahnya lebih mirip seminar dan diskusi. Mengajar baginya merupakan usaha agar tidak terkurung pemikiran birokratis. Kesibukannya sebagai menteri tidak mencegahnya membuat dan mengetik sendiri tulisan-tulisannya.