Eddy Karamoy

Seorang musisi jazz, lahir di Bandung, 22 Januari 1930. Ketika berumur 13 tahun, ia sudah menunjukkan bakatnya yang hebat sebagai pemain gitar. Pada 1947, sudah memainkan gitar listrik dan menirukan permainan Charlie Christian, gitaris jazz beraliran bepop. Sejak tahun 1950-an hingga pertengahan 1960-an, sering tampil mengiringi dan bermain bersama Bing Slamet serta Sam Saimun. Dia membentuk grup Eddy Karamoy Quartet di Bandung bersama Leo Masengi (saksofon tenor), Dolf Kommann (saksofon alto), Tatang Yogasara (bas), Bram Sutisna (drum), dan dia sendiri pada gitar. Pada 1959, bergabung dengan Sadikin Zuchra dalam grup The Black Satin, dan bermain secara rutin di klub Wisma Nusantara.

Eddy Karamoy terkenal dengan permainan gitamya yang cepat. Jemarinya berlari sangat lincah dan menimbulkan suara-suara yang sangat enak didengar, baik dalam permainan boogiewoogie maupun dalam permainan gaya bop atau bepop. Dia mengikuti dengan baik perkembangan musik jazz, sekaligus dapat memainkan berbagai gaya musik tersebut, dari bepop, cool jazz, swing, hingga modern jazz.

Dalam acara Pro Jazz 1975 di kampus ITB Bandung, ia sempat ber-jam session dalam permainan gitar dengan Jack Lesmana. Dia pernah juga bergabung dengan band Sonata 47 bersama Bram Sutisna dan Hasbullah Ridwan. Sejak awal 1970-an, ia aktif memainkan musik-musik gereja.