Duta Besar Amerika Serikat, Rumah

Rumah yang berdiri di Taman Suropati 3 disainnya dirancang oleh arsitek J.F.L. Blankenberg pada tahun 1926 dan secara fisik mulai dibangun tahun 1928. Gedung ini dibangun sebagai rumah direksi firma Inggris Wellenstein Krausse and Co. yang berbisnis ekspor dan pengurusan berbagai perkebunan teh di Jawa Barat. Sejak 1935 digunakan oleh general manager Stanvac, dan mulai 1956 menjadi milik kedutaan Amerika Serikat. Rumah ini khas Art Deco dengan desain indah dan terpelihara baik. Semua lobang di atas pintu dan hiasan pada susuran tangga serta balustrade tingkat dua menampilkan disain bergaya Tionghoa.

Rumah bertingkat dua yang tampak asri ini dipisahkanjauh darijalan yang ramai lalu lintas oleh taman yang luas. Taman Suropati di seberang jalan ikut menciptakan suasana sejuk dan tempat bagi burung yang berkicau pada pagi hari. Bentuk bangunan senada dengan gedung Bappenas. Pembagian ruang di kedua lantai, yang dipikirkan dengan matang, memungkinkan penerimaan banyak tamu tanpa mengganggu privacy hidup keluarga. Suasana ini didukung oleh teras luas dengan pilar bersegi yang menopang sebuah balkon. Kepala pilar-pilar tersebut dihiasi dengan garis-garis berprofil harizontal.

Garis horizontal pada rumah ini dikuatkan oleh anak-anak tangga ke teras, oleh lobang-lobang angin panjang yang mendatar, oleh teritis lantai kedua yang panjang dengan deretan kotak-kotak lobang angin di bawahnya. Atap tinggi patah pada bagian bawahnya. Teras pada pintu masuk rumah berbentuk setengah bundar seperti pula dua oriel. Dapur dan gudang dipindahkan ke bijgebouwen di belakang, yang menghubungkan dengan gang beratap. Rumah ini memakai suatu ciri rumah Menteng yang lazim, yaitu bagian bawah tembok dibuat dari batu kali (yang dahulu disebut: Hongkong-keien).