Duren Sawit, Rumah Sakit Khusus Daerah

Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit

Jakarta Timur - DKI Jakarta

Diresmikan

Tanggal 19 Juni 2002

Alamat

Jalan Duren Sawit Baru No.2, Jakarta Timur

Telepon

021-8615555

Fax

021-8628659

Email

rsdurensawit@telkom.net

Website resmi

www.rsdurensawit.go.id

Type

Rumah Sakit Kelas A

Fasilitas Pelayanan Unggulan

Konsultasi Psikologi dan Psikiatri, Konsultasi Anak/Remaja/Keluarga, Konsultasi Masalah Seks dan Perkawinan, Evaluasi Masalah Seks dan Perkawinan, Evaluasi Psiko Sosial (kepribadian, iq, eq, bakat, penjurusan, dll.), Seleksi Pekerjaan dan Lainnya.

Fasilitas Rawat Jalan

Pelayanan rawat jalan dilayani oleh dokter spesialis: Kesehatan Anak, Neurologi, Spesialis Paru,THT, Obgyn, Rehab Medik, Kulit Kelamin, Mata, Jiwa, Gigi Mulut, Psikologi, Akupuntur dan Refleksi.

Fasilitas Rawat Inap

Rawat Inap Psikiatri, Rawat Inap Narkoba (rawat inap narkoba terdiri dari ruang detoktifikasi dan ruang rehabilitasi) dan Rawat Inap Umum (jumlah tempat tidur terdiri dari 112 tempat tidur).

Fasilitas Penunjang di Ruang Rehabilitasi

Ruang Rekreasi, Ruang Meditasi, Ruang Family Therapy,  Ruang Musik, Ruang Fitness, Ruang Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Bengkel Workshop. Unit Gawat Darurat, Pelayanan 24 jam dengan dokter jaga dan perawatan yang siap memberikan pelayananan dengan cepat, tepat,akurat. Kedaruratan Medik Dasar, Kedaruratan Medik Psikiatri, Detoksifikasi, Hotline Service.

Laboratorium

Buka 24 jam, Pemeriksaan Kimia Darah, Hematologi, Pemeriksaaan Imunology dan Penyalahgunaan Obat.

Fasilitas lainnya

Radiology (radiography) dan flouroskopi (thorax, kepala, sinus paraanalisis, vertevrate dan extremitas, analisa jantung paru, bno, ivp, omd, colon inloop, apendicografi, hsg, dll.)USG abdomen, farmasi dan apotik 24 jam, poliklinik sore: dilayani oleh dokter spesialis.

Luas Lahan

7.127m2

(Bangunan Rumah Sakit Duren Sawit terbagi menjadi 3 blok seluas 9.522 m2 ; Blok A seluas 5.236 m2, blok B seluas 2.230 m2 dan blok C seluas 1.235 m2).

Taman & Saluran Air

800m2

Listrik dan Air

10.000 mv

Sumber Air: Sumur dan PAM

Akreditasi

Komite Akreditasi Nasional tahun 2004:

Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu dengan nomor sertifikat LSSM-012-IDN,SNI 19-9001-2001/ISO 9001:2000

ISO 9001-2000, periode 2 tahun 2008

Psikiater

6 orang

Dokter Spesialistik

19 orang

Dokter Umum

10 orang

Dokter Gigi

3 orang

 

Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit (RSKDDS) adalah rumah sakit khusus milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan rumah sakit, bagi penderita gangguan kesehatan jiwa dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Awalnya pembangunan rumah sakit ini ditujukan bagi penderita gangguan jiwa berat dalam rangka menunjang kebutuhan Panti Laras dan Rumah Sakit Jiwa Pusat. Akan tetapi dengan maraknya penyalahgunaan langsung Narkoba dan meningkatnya permintaan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang komprehensif, Pemerintah DKI Jakarta menetapkan kembali prioritasnya, mengubah visi dan misi rumah sakit serta meninjau ulang penggunaan ruang-ruang yang ada termasuk fungsi-fungsi pelayanannya, menjadi rumah sakit  dengan kekhususan pelayanan kesehatan jiwa dan narkoba dengan pelayanan penunjang spesialistik lain yang lengkap.

 

Pada tanggal 19 juni 2002 RSKDDS diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan sejak itu resmi beroperasi, sesuai dengan SK Gubernur Propinsi DKI Jakarta Nomor 105 tahun 2001. RSKDDS ditetapkan sebagai rumah sakit kelas A. Tahun 2003 setelah SK Gubernur Propinsi DKI Jakarta No.17 tertanggal 17 Maret 2003, status RSKDDS ditetapkan menjadi uji coba Unit Swadana Daerah yang diberi wewenang untuk dapat menggunakan penerimaan fungsional secara langsung dengan penetapan kembali prioritas serta meninjau ulang penggunaan ruang-ruang yang ada termasuk fungsi-fungsi pelayanannya. Tahun 2009 Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan Pergub No.121 tahun 2009 mengenai organisasi dan tata kerja Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit, diantaranya membahas mengenai posisi RSKD Duren Sawit sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sesuai Visi dan Misinya RSKDDS adalah rumah sakit yang mempunyai kekhususan pelayanan penanggulangan masalah kesehatan jiwa dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

 

FUNGSI RSKD DUREN SAWIT

Berdasarkan fungsi RSKDDS saat ini memberikan pelayanan kesehatan jiwa, maka produk layanan RSKDDS meliputi :

- Pelayanan Kesehatan Jiwa Terpadu yang merupakan pelayanan terintegrasi antara Pelayanan Spesialistik Kesehatan Jiwa dengan Pelayanan Kesehatan Spesialistik lainnya.

- Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat sebagai program promotif dan preventif kesehatan jiwa yang dilaksanakan pada kelompok masyarakat yang berada di luar Rumah Sakit Duren Sawit.

- Pelayanan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba sebagai program kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan secara terintegrasi antara Layanan Spesialistik Penyakit Dalam, Syaraf, Paru, Kesehatan Jiwa, THT serta Gigi dan Mulut.

- Pelayanan Penunjang Medik yang menunjang kegiatan pelayanan jiwa dan narkoba meliputi Laboratorium, Radiologi, Rehabilitasi Medik, Elektromedik dan Farmasi serta Gizi Klinik.

 

VISI               

"Pusat pelayanan kesehatan jiwa dan narkoba secara paripurna, terpadu dan terpercaya di Indonesia"

MISI

Memberikan Pelayanan Kesehatan Jiwa, Narkoba dan Penyakit Penyerta dengan pendekatan Mediko Psiko Sosial;Menerapkan Tata Kelola Rumah Sakit secara profesional dan berkualitas yang bisa disejajarkan dengan Rumah Sakit Jiwa terbaik di Asia Pasifik;Melakukan pengembangan assessment Sumber Daya Manusia serta melaksanakan pendidikan tenaga kesehatan jiwa dan lainnya;Memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan Kesehatan Jiwa dan Narkoba serta memberikan layanan prioritas kepada pasien kurang mampu;Meningkatkan nilai bagi pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan profesionalisme karyawan Rumah Sakit di tingkat nasional;Memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas sarana dan prasarana kota dengan menerapkan prinsip-prinsip kesehatan lingkungan secara menyeluruh.

 

BUDAYA RSKD DUREN SAWIT

Rasa memiliki (ownership) di segala lini, Komit pada pelanggan, mitra kerja dan etika, komunikatif dan speed respon, Privasi dan kortesi, Safety awareness.

 

FASILITAS

Pelayanan Rawat Jalan RSKD Duren Sawit terdiri dari poli spesialis yang terintegrasi dalam mendukung visi & misi RSKD Duren Sawit sebagai Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Narkoba meliputi :

1.  Klinik Psikiatri tumbuh kembang anak;

              Adalah Penanganan kasus tumbuh kembang secara komprehensif dengan         pendekatan mutidisiplin melalui layanan terpadu.

2.  Klinik Psikogeriatri (Pskiatri dewasa & usia lanjut);

              Adalah Penanganan kasus pada pasien ( ≥ 60 tahun ) dengan gangguan psikiatri disertai atau tanpa komplikasi fisik

3.  Klinik Psikosomatis;

              Adalah Keluhan keluhan fisik yang dirasakan oleh seseorang, yang timbul akibat adanya faktor stress Psikis. Klinik ini terdiri dari :

              Dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater),Dokter spesialis penyakit dalam (Intemist), Dokter spesialis paru (Pulmonologist), Dokter spesialis saraf (Neurologist), Dokter spesialis kulit ( Dermatologist), Dokter spesialist mata (Opthalmologist), Dokter gigi (dentist),Psikolog.

4.  Poliklinik kesehatan peduli remaja (PKPR);

              Merupakan layanan kesehatan RSKD. Duren Sawit bagi para remaja yang ingin berkonsultasi mengenai keluhan masalah fisik dan psikis serta masalah lingkungan sosial didalam masa perkembangan remaja.

5.  Layanan kesehatan jiwa masyarakat (Keswamas);

              Adalah Suatu orientasi kesehatan jiwa yang mencakup semua aktivitas kesehatan jiwa yagn dilaksanakan pada masyarakat dengan menitikberatkan upaya promotif, preventif tanpa mengabaikan tindakan kuratif dan rehabilitatif.

6.  Klinik Napza, pemeriksaan HIV test & VCT;

              Adalah Pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui adanya antibody terhadap HIV dalam darah pasien dengan cara 3 kali pemeriksaan dengan reagen berbeda.

 

Selain itu RSKD Duren Sawit juga didukung oleh dokter spesialis dan psikolog klinis yang terdiri dari :

1.  Poli Syaraf

2.  Poli Penyakit Dalam

3.  Poli Telinga, Hidung & Tenggorokan (THT)

4.  Poli Kebidanan & Penyakit kandungan

5.  Poli Penyakit Kulit & Kelamin

6.  Poli Gigi & Mulut dan Spesialistik Orthodonti

7.  Poli Psikologi

8.  Poli Paru

9. Poli Mata

 

Pelayanan rawat inap RSKDDS terdiri dari :

· Rawat Inap Psikiatri

· Instalasi Kedaruratan Emosi dan Perilaku ( Rawat akut & sub akut)

· Rawat inap terpadu gangguan jiwa/ penyalahgunaan narkoba dengan komplikasi fisik (HIV/AIDS)

· Rawat Inap untuk kondisi khusus / KLB

· Rawat Inap Rehab Mental kelas I dan II

· Rawat Inap untuk detoksifikasi ketergantungan obat dan zat adiktif lainnya.

 

LABORATORIUM

Laboratorium Klinik RSKDDS melayani :

· Kimia

· Gula darah

· Hematologi

· Serologi

· Bakteriologi

· Liquor

· Transudat/Exsudat

· Urine

· Tinja

·  Analisa Gas Darah

· Radio Assy

· Lain-lain

 

RADIOLOGI

Instalasi Radiologi RSKDDS melayani penunjang kesehatan sebagai berikut:

· Foto tanpa bahan kontras

· Foto dengan bahan kontras.

· Foto dengan rol film

· Flouroskopi

· Foto Gigi  : Dento Alveolar, Panoramic dan Cephalographi

· C.T Scan

· Ultrasonografi  (USG)

 

FARMASI

Instalasi Farmasi dan Apotik RSKDDS siap menyediakan berbagai obat yang dibutuhkan, terutama berkaitan dengan masalah psikiatri.

AMBULAN

Guna mendukung layanan yang cepat dan praktis maka RSKDDS menyiapkan sejumlah unit mobil ambulan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat

MOBIL RONTGEN

Mobil rontgen disiapkan untuk layanan rontgen jarak jauh, terutama untuk poliklinik jauh seperti panti laras dan sebagainya.

FITNESS CENTER

Fitnes center dibuka untuk karyawan dan umum. Dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai sehingga menunjang kebugaran karyawan dan masyarakat.

AUDITORIUM / AULA

Ruang Aula yang besar, cukup menampung lebih dari 100 orang, ditunjang dengan sound system dan perangkat multimedia yang lengkap. Aula ini selain untuk acara kegiatan internal, juga disewakan untuk umum.

MASJID

Sebagai umat beragama, disiapkan pula fasilitas untuk beribadah, seperti masjid.

OPTIK

Di sudut lobby utama tersedia optik corner, melayani masalah kacamata.

KANTIN DAN WASERDA

Tersedia kantin dan waserda bagi pengunjung rumah sakit.