Duren Sawit, Gelanggang Remaja

 

Gelanggang Remaja Duren Sawit
Alamat Jalan Balai Rakyat No.14 RT 011/RW 09, Klender Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur

 

Gelanggang Remaja Duren Sawit berada diantara perumahan masyarakat di kawasan Duren Sawit. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Pahlawan Revolusi, Apartemen Casablanca East Residence, RS. Yadika, Flyover Basuki Rahmat dan Pos Pemadam Kebakaran Klender. Gelanggang ini dibangun pada tahun 1975 (dalam tesis Rustiwan: 2008 menyebutkan bahwa gelanggang ini dibangun tahun 1976) di atas tanah seluas 3.000 m2 dengan luas bangunan 900 m2. Karena berada di daerah yang agak rendah, dahulu gelanggang ini kerap terdapat genangan di depan gelanggangnya. Gelanggang ini kemudian mendapatkan rehabilitasi terakhir di tahun 2013.

Gelanggang Remaja Duren Sawit memiliki 4 lapangan bulutangkis dengan tribun penonton yang dapat memuat 200 orang. Gelanggang ini dilengkapi dengan lahan parkir yang luas, kamar mandi, musholla dan kantin. Gelanggang ini terfokus pada aktivitas olahraga bulutangkis. Umumnya mereka yang berolahraga di gelanggang ini merupakan warga DKI Jakarta seperti pelajar, mahasiswa dan kalangan pekerja usai mereka pulang kantor. Mereka diantaranya berasal dari Persatuan Bulutangkis Duren Sawit, Mawar Merah, Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, OKA, Rizal, SMA 50, SMK dan Pesat. Jam buka gelanggang dimulai dari pukul 07.30-22.00 WIB.

Untuk mencapai Gelanggang Remaja Duren Sawit, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Mereka yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan Mikrolet M31 jurusan Kampung Melayu-Pondok Kelapa atau M32 Kampung Melayu-Perumahan Klender, kemudian turun di jalan Balai Rakyat dan berjalan kaki sekitar 300 meter ke arah gelanggang.