Diah Iskandar

Penyanyi, bernama asli Diah Komalawati Iskandar, lahir di Jakarta 12 Februari 1947.Ia sudah menyanyi secara teratur sejak kecil di bawah bimbingan ayahnya, seorang tokoh musik terkenal, Iskandar (alm). Pada usia belasan tahun, ia sudah tampil berlomba di depan umum ketika Tunas Mekar RRI Jakarta merayakan ulang tahun (1961) dan meraih Juara II Wanita setelah Elly Kasim. Selain dan ayahnya, memperoleh bimbingan melalui les vokal dari Surti Suwandi, Ny. Rotai, dan Ny. Catharina Leimena Wiriadinata. Pendidikan SLA ia selesaikan di Jakarta (1965) dan sejak 1979 mengikuti kursus Bahas Perancis.

Ia tampil di TVRI Stasiun Pusat Jakarta sejak 1963. Pertama kali bersama Band Arulan, kemudian Band Mus Mualim dalam rangka pencarian dana untuk Ganefo. Tahun 1964 tampil bersama Band Buana Suara pimpinan Johnny Swadie, menyanyi bersama Titiek Puspa, Pattie Bersaudara dan lain-lain dan tampil dalam acara Gerak dan Lagu pimpinan Hamid Gruno (alm), bermain musik jazz bersama Mus Mualim dan hingga tahun 1980, sudah tampil di hampir semua acara musik TVRI. Ia meresmikan terbentuknya Orkes Chandra Kirana sebagai persembahan kepada sang ayah yang membaktikan hidupnya bagi dunia musik Indonesia. Orkes Candra Kirana memulai siarannya di TVRI Stasiun Pusat Jakarta, bulan Juni 1980. Pada setiap paket siaran, ia juga tampil menyanyikan beberapa lagu di samping menjadi pembawa acara. Penggarapan materi siaran dilakukannya bersama Elfa Seciora yang bertugas sebagai penata musik.

Dunia rekaman sudah ia terjuni sejak tahun 1960-an dan menghebohkan karena tampil dengan suara dan gaya duplikat Connie Francis. Pertama kali rekaman di Dimita Record, sebuah album berjudul Bila Kulupa ciptaan A. Usman dengan Septet Diah Iskandar sebagai band pengiring. Kemudian sebuah album Surat Undangan di Irama dan album Bung Di Mana bersama Band Arulan di Syailendra Record. Dibantu dengan Elfa Seciora, ia merekam beberapa album kaset yang diproduki sebuah perusahaan rekaman di Bandung, antara lain terdapat lagu Kumbang Malam, Sebutir Mutiara dan Kecerahan Masa Depan. Menikah dengan Ir. P. Sibutar dan dikaruniai seorang putri dan seorang putra.